Mahasiswa UMY Raih Beasiswa Monash University

Satria Nugraha, Trijaya · Kamis 26 November 2009 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 26 99 279361 lMFDW7KxYb.jpg

YOGYAKARTA - Mendapatkan beasiswa untuk belajar ke luar negeri merupakan impian banyak mahasiswa. Seperti yang di raih Navhat Nuraniyah, Mahasiwa kelas Internasional jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dia sejak Juni 2009 hingga Februari 2010,  tinggal di Melbourne, Australia. Mahasiwa kelas Internasional jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini berhasil meraih beasiswa untuk belajar di Monash University, Melbourne, Australia selama satu semester. Navhat lulus seleksi lewat program Peace Scholarship yang diselenggarakan oleh IDP Education.

"Aku milih sendiri jurusannya, dibantu sama Learning Consultant dari Faculty of Art, biar tetap sesuai sama jurusanku di UMY," tutur Navhat.

Program Peace Scholarship, ujar Navhat, memberi kesempatan bagi mahasiswa S1 antara semester 3-6, terutama yang berkontribusi dalam kegiatan sosial dan perdamaian di lingkungan sekitarnya. Beruntung Navhat pernah berkecimpung di salah satu LSM di Yogyakarta yang fokus pada masalah perdamaian.

"Pengalaman organisasi tersebut memuluskan saya meraih impiannya untuk belajar di luar negeri," katanya.

Selain itu hasil IELTS juga ikut menentukan peserta boleh ditempatkan di universitas yang mana, karena standar IELTS untuk masing-masing universitas berbeda-beda. Hasil IELTS Navhat yang cukup tinggi membawanya memasuki gerbang Monash University. Navhat memilih jurusan International Studies tapi lebih spesifiknya School of Historical Studies.

"Hasil IELTS juga ikut menentukan untuk bisa meraih beasiswa ini," kata Navhat.

Diakuinya untuk sebagian orang terkadang culture shock akan ada saat baru pertama kali masuk ke wilayah budaya asing. Namun tidak bagi Navhat. Beruntungnya ini bukan pertama kalinya dia tinggal di luar negeri. Sebelumnya dia juga pernah ikut lomba debat di Kuala Lumpur yang disponsori oleh Fakultas Kedokteran (FK) UMY.

"Jadinya gak terlalu shock-lah," ungkapnya.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini