100 Hari Penuh Beban

Minggu 29 November 2009 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 29 230 279967

Awal masa bhakti periode II Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tampaknya diwarnai situasi penuh tantangan.  Setelah perseteruan Cicak versus Buaya mereda, kini  opini publik soal skandal Bank Century terus mengalir deras. Ditengah polemik kucuran dana talangan Rp6,7 triliun, muncul dugaan keterlibatan Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam kasus ini. Jika opini negatif ini tidak dapat dibendung, kinerja pemerintah dikhawatirkan bisa terganggu.

Barangkali yang membuat SBY gusar adalah adanya rumors bahwa sebagian dana talangan untuk Bank Century ada yang mengalir ke kas tim kampanye Partai Demokrat. Namun ternyata rumor itu dibantah Ketua PPATK Yunus Hussein. Bantahan Yunus didasarkan pada hasil penelusuran sementara terhadap transaksi yang melibatkan 50 nasabah Bank Century serta data dari 16 penyedia jasa keuangan yang nasabahnya lari dari Bank Century ke bank lain. Dari data tersebut pihaknya tidak menemukan adanya dana talangan (bailout) Bank Century yang dialirkan ke partai politik, tim sukses, maupun capres tertentu, sebagaimana dicurigai sejumlah pihak.

Lalu, dari mana datangnya dugaan bahwa (bailout) Bank Century ada yang dialirkan ke parpol atau capres tertentu? Kuat dugaan bahwa opini negatif yang sedang dikembangkan itu memang sengaja dihembuskan dengan skenario politik tertentu. Jika tidak diwaspadai, maka sebagai bangsa kita akan mudah diprovokasi. Dampaknya sudah dapat diduga,  situasi politik tidak akan pernah stabil, dan kita menjadi terpecah.

Mudah-mudahan dengan penjelasan Ketua PPATK tersebut, skenario yang sedang dimainkan oleh lawan-lawan politik SBY bisa segera dipatahkan. Patut diduga bahwa mereka yang sedang memainkan isu negatif itu adalah orang-orang yang selama ini menginginkan negeri ini tidak tenteram. Jika dugaan ini benar, maka terkutuklah mereka!

Anggi Astuti

Jaringan Epistoholik Jakarta (JEJAK)

Tinggal di Parung, Komp. Parung Permai Blok I-2/No.15 Parung-Bogor

Anggi [email protected]

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini