nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turis Belanda Dirawat di Makassar Positif Flu Babi

Andi Aisyah, Jurnalis · Senin 30 November 2009 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 11 30 340 280361 GhndT1kGgK.jpg Ilustrasi (foto:ist)

MAKASSAR - Seorang warga negara Belanda yang dirawat di UGD Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo dinyatakan positif menderita flu babi. Claudi Gerth (34) dinyatakan positif dari hasil penelitian Balitbangkes yang diterima pihak Rumah Sakit Minggu malam.

Hal itu diungkapkan Direktur Operasional Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo dr Halid kepada okezone saat dihubungi beberapa saat yang lalu.

Dr Halid mengatakan pihaknya menyediakan tim setidaknya 30 orang baik dokter maupun perawat yang terdiri atas dokter ahli paru ahli anestesi, ahli penyakit dalam, ahli radiologi, maupun ahli kardiologi.

Dr Halid mengatakan Claudia sejak dirujuk dari RS Stella Maris memang dicurigai mengidap virus flu babi karena mengalami demam batuk dan sesak nafas.

"Jika ada warga luar negeri dengan keluhan seperti itu maka dicurigai mengidap flu babi," katanya.

Saat ini Claudia dirawat di salah satu ruangan high care unit di gedung UGD RS Wahidin Sudirohusodo yang sebelumnya merupakan ruang isolasi luka bakar.

Dr Halid mengatakan fasilitas di ruangan itu mirip dengan fasilitas yang seharusnya ada di ruang isolasi sebenarnya.

Pemilihan UGD untuk menempatkan pasien karena di sana sterilisasinya tinggi serta pasien selalu membutuhkan oksigen terus menerus, sehingga alat batu nafasnya tidak boleh terputus.

"Itu sebabnya saat ini Claudia  belum dipindahkan ke ruang perawatan Pakis di mana sebelumnya merupakan ruang isolasi khusus untuk pasien flu burung," katanya.

Menurut dr Halid, keadaan Claudia belum membaik. Sementara, pihak Kedutaan Besar Belanda sejak hari pertama sudah datang ke rumah sakit untuk mendampingi Claudia. 

Untuk masuk ke ruang Claudia terdapat empat lapis pintu yang diawasi secara ketat dari pantauan okezone di rumah sakit, pintu UGD, ruang isolasi, dan pintu masuk ke ruang perawat dan obat-obatan serta tempat Claudia dirawat diawasi ketat.Claudia berada di ruangan sendiri sehingga Halid yakin keamanannya terjamin.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini