Jangan Sandera Rakyat dengan Hak Angket

Selasa 01 Desember 2009 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 01 230 280676

Indonesia saat ini telah disandera para elit politik yang memanfaatkan kasus-kasus di masyarakat sebagai dagangan. Kasus-kasus seperti Bank Century bahkan persengketaan cicak versus buaya awalnya merupakan kasus lokal yang diprediksi tidak akan mengganggu perekonomian makro. Namun kisruh dana talangan Bank Century terus berlarut-larut, hingga memengaruhi kondisi perekonomian terutama pasar uang lokal dan investor asing. Secara temporer, investor mulai menarik dana dari Indonesia jika penanganannya tidak kunjung selesai. Sebuah riset menemukan bahwa investor asing mulai hengkang dari Indonesia. Hal itu disebabkan penanganan kasus-kasus lokal terus menjadi komoditas politik sehingga mengkhawatirkan investor asing.

Hingar-bingar dana talangan Bank Century mulai meresahkan pasar dan mengganggu iklim investasi. Jika terus dibiarkan tanpa ada ketegasan dan kepastian hukum, masalah ini dikhawatirkan menjadi bola liar yang akan mengganggu stabilitas politik dan berujung pada jatuhnya pasar. Pasar saat ini membutuhkan kepastian hukum dan ketegasan dalam upaya penyelesaian skandal Bank Century. Jika penyelesaiannya berlarut-larut, hal ini akan membuat pasar semakin tertekan dan meruntuhkan kepercayaan investor. Indikasi mulai resahnya pasar sudah terlihat dengan turunnya indeks saham selama beberapa hari belakangan ini. Hal ini semakin diperparah dengan lesunya bursa regional dan efek krisis utang Dubai World.

Sebaiknya penyelesaian skandal Bank Century jangan dibawa ke ranah politik, tapi selesaikan dengan hukum pidana. Buka seluruh aliran dana penyelamatan Bank Century, agar semuanya jelas, siapa saja yang menerima dan menyelewengkan dana.

Kepada Tim 9, Maruarar Sirait cs. jika mau menggunakan Hak Angket DPR, segera gunakan waktu dengan efektif. Tak perlu tarik-ulur politik. Namun anda dan kawan-kawan harus percaya diri dan beritikad ikhlas. Selesaikan pembentukan Panitia Angket DPR cukup di internal DPR saja. Tak perlu anda lobi-lobi "tokoh-tokoh" nasional untuk melegitimasi "perjuangan" kalian. Hak Angket DPR bukanlah dagangan, jangan kecewakan rakyat.

Vino Siregar

Jl.Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Email: [email protected]

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini