Proses Hukum Skandal Bank Century Harus Cepat Dituntaskan

Selasa 01 Desember 2009 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 01 230 280842

Proses hukum dan politik dalam skandal Bank Century sebesar Rp6,7 triliun dan dugaan kriminalisasi wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Bibit S Riyanto-Chadra M Hamzah harus cepat selesai. Penyelesaikan harus dipercepat prosesnya dan diikuti dengan sanksi dan penindakan yang tegas terhadap siapa saja yang bersalah dalam dua kasus tersebut.

Semua elemen bangsa harus memiliki tekad bersama dan bersinergi untuk mengatasi carut marut yang dihadapi bangsa Indonesia, terutama yang menyangkut masalah penanggulangan korupsi dan penegakan hukum, tanpa pandang bulu. Berbagai konflik, aneka perbedaan pendapat, dan keberagaman sudut pandang mesti dilihat dari perspektif perkembangan demokrasi agar menjadi lebih matang, dilandasi niat tulus untuk memperbaiki keadaan demi kepentingan masyarakat luas.

Prioritas penyelesaian, jangan berlarut dan masuk jurang yang berdampak destruktif bagi kepeniingan bangsa. Memang, kedua kasus tersebut perlu dan harus ditangani secara mendasar, namun jangan sampai bangsa Indonesia terlena, tersedot energinya untuk "trouble shooting" yang melupakan persoalan-persoalan yang lebih strategis.

Mari seluruh komponen bangsa untuk memberi perhatian besar pada upaya-upaya nyata untuk membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, bermartabat, damai, dan sejahtera.

Joni Santoso

Jl. Teluk Betuk 15, Bandar Lampung

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini