Usut Secepatnya Kasus Bank Century

Jum'at 04 Desember 2009 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 04 230 281731

Kasus bank Century telah menggelinding bebas dan liar, siap melibas siapapun yang terlibat. Agar tidak menjadi komoditi politik dan ajang fitnah, kasus tersebut harus segera dituntaskan melalui proses hukum yang transparan.

Proses hukum yang transparan, baik melalui mekanisme peradilan maupun legislatif, serta politis sangat ditunggu masyarakat. Masyarakat berharap kasus tersebut dapat segera dituntaskan dan negara tidak dirugikan.

Saya sangat setuju dengan upaya dan langkah presiden SBY dalam rangka menegakkan hukum dan memberantas korupsi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan serta Lembaga Penjamin Simpanan membuka seluruh data terkait kasus Bank Century agar persoalan menjadi jelas.

Presiden Yudhoyono ketika memberikan sambutan pada pembukaan Kongres Ke-23 Kongres Wanita Indonesia atau Kowani di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/12/2009), meminta penegak hukum mempercepat proses hukum pengelola Bank Century dan membekukan aset bank itu di luar negeri.

Sedangkan Wakil Presiden Boediono mengatakan agar proses hukum untuk menyelesaikan kasus dana talangan Bank Century senilai Rp 6,7 triliun cepat diselesaikan secara tuntas. Ada atau tidak ada hak angket, penyelesaian kasus itu harus dapat tetap dilakukan. Kecepatan penyelesaian kasus Bank Century juga akan menutup ruang munculnya berbagai kecurigaan dan prasangka di masyarakat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta agar kecurigaan terhadap aliran dana penyelamatan Bank Century tidak berlebihan dan dibatasi hanya pada rekening yang dicurigai. Kecurigaan yang meluas akan menghambat transaksi perbankan karena nasabah akan takut, yang akhirnya memperlambat aktivitas ekonomi.

Saya berharap kasus bank Century segera diselesaikan secara tuntas dan transparan, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bahwa dana Bank Century mengalir ke pejabat pemerintah. Penegak hukum harus bekerja keras untuk mengungkap kasus tersebut, agar tidak mengganggu jalannya roda pemerintahan dan perekonomian nasional.

Kurnelius Budi Kuncoro

Jl. Kelapa Hijau, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Email: [email protected]

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini