Awas Jebakan Trik Politik Kotor

Minggu 06 Desember 2009 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 06 230 282174

Panitia khusus (Pansus) Angket Century DPR RI sudah terbentuk dan akan bekerja sesegera mungkin untuk menuntaskan masalah Bank Century yang serba bermasalah. Istilah masalah Bank Century yang serba bermasalah disebabkan banyaknya isu topikal seperti isu korupsi, pelanggaran hukum, money laundry, keterlibatan partai, KPU, dana asing, aliran dana ke sejumlah tokoh, dan isu topikal lain yang secara serentak mengisi isu Bank Century yang serba bermasalah.

Selain Pansus Angket DPR yang akan mengusut tuntas kasus Bank Century secara politik, pengusutan secara hukum sedang dilakukan juga oleh KPK yang bekerja sama dengan kepolisian dan kejaksaan. Titik temu final antara penyelesaian hukum dan politik diharapkan bisa menjadi sebuah muara yang tenang dalam arti tuntasnya pemecahan Bank Century yang serba bermasalah secara hukum dan politik.

Muara tenang sebagai hasil penyelesaian hukum dan politik dapat mencitrakan status nasional yang stabil. Sebaliknya, kegagalan di dalam penyelesaian hukum dan politik terhadap kasus Bank Century justru akan menambah proses instabilisasi dalam berbagai bidang sebagaimana yang mulai terasa saat ini.

Oleh karena itu, sangat diharapkan oleh rakyat bahwa para wakilnya benar-benar dapat membaca dan menyimak apa yang sedang dirasakan oleh rakyat yang telah memilih mereka. Betapa ironisnya, jika apa yang disuarakan dan dihasilkan oleh Pansus Angket DPR jauh dari cita rasa keadilan di hati rakyat.

Harapan rakyat akan terpenuhi jika para wakil rakyat, khususnya yang terhimpun dalam Pansus Angket DPR, bekerja sungguh-sungguh dengan tetap mengacu pada kebenaran dan keadilan yang didambakan rakyat selama ini.

Selain Pansus Angket DPR, tim KPK bersama kepolisian dan kejaksaan harus bekerja secara profesional tanpa bisa dipengaruhi oleh kekuatan apapun dari manapun. Trik-trik politik dan berbagai pasangan jerat hukum yang menyesatkan diharapkan tak mampu mengecohkan kerja keras kedua kelompok tim kerja,

Pansus Angket DPR dan KPK-Kepolisian-Kejaksaan, untuk dapat menguraikan benang kusut dalam kasus Bank Century yang serba bermasalah. Efisiensi dan efektivitas kerja kedua tim dapat membuahkan hasil maksimal dan optimal dalam masa kerja seratus hari Kabinet Indonesia Bersatu II.

Bagaimanapun, kerja kedua tim harus setia dikawal oleh masyarakat sipil agar tetap berjalan di atas rel kebenaran dan kelurusan menuju pencapaian hasil terbaik yang adil sebagaimana sedang dinanti-nantikan oleh rakyat.

Janganlah setiap tim berjalan tanpa saling menyapa, melainkan dalam suatu interaksi fungsional demi percepatan hasil final secara bersama. Tanpa saling mengingatkan, tak mustahil ada yang akan terjebak di dalam political tricks yang dipasang oleh mereka yang tak ingin bangsa ini maju dan semakin sejahtera.

Vino Siregar

Jl.Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Email: [email protected]

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini