Demonstrasi Bukan Satu-Satunya Cara untuk Menyuarakan Aspirasi

Rabu 09 Desember 2009 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 09 230 283182

Peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia di Indonesia rencananya akan dilaksanakan dengan cara aksi turun ke jalan (demonstrasi/unjukrasa). Di Jakarta sendiri sebagai ibukota negara dan pusat pemerintahan, aksi ini akan diadakan secara besar-besaran yang dipusatkan di Monas. Acara ini akan diikuti oleh puluhan ribu orang dari berbagai elemen masyarakat. Tidak hanya di Jakarta, aksi ini juga akan dilaksanakan di sejumlah tempat di Indonesia.

Rencana demo ini membuat sejumlah warga Jakarta menjadi cemas dan was-was. Mereka khawatir aksi yang semula berjalan damai berubah menjadi anarkhis. Bahkan ada sebagian warga berencana tidak melakukan aktivitas rutinnya. Mereka lebih memilih berdiam di rumah daripada melakukan kegiatan di luar (bekerja).  Namun, rencana aksi ini tidak diketahui oleh warga Jakarta. Buktinya, ada sebagian warga yang ternyata tidak mengetahuinya. Sementara bagi mereka yang mengetahuinya, meminta agar aksi unjuk rasa ini tidak menimbulkan dampak yang merugikan banyak orang.  Justru diharapkan, peringatan ini hendaknya dijadikan momentum komitmen bersama dalam memberantas korupsi, melalui penyampaian yang damai.

Memang, di dalam negara yang menganut azas demokrasi salah satu bentuk untuk menyampaikan aspirasi bisa dilakukan dengan cara aksi demonstrasi. Bentuk penyampaian aspirasi ini dijamin dengan UU. Namun, demontrasi atau aksi unjukrasa bukanlah satu-satunya jalan perjuangan dalam menyuarakan ide, gagasan, maupun aspirasi. Masih ada cara yan lebih santun dan cerdas untuk menyampaikan gagasan dan pendapat kepada pemerintah, selain turun jalan dan berdemonstrasi. Di sisi lain, peringatan Hari Anti-Korupsi ini harus dilakukan dengan damai dan tertib. Jangan sampai pihak yang tidak bertanggungjawab membonceng aksi ini yang tujuannya adalah untuk menodai dan membuat kisruh acara peringatan ini.

Mila

Kukusan 22 Beji, Depok, Jawa Barat

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini