nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengungkap Tanpa Memfitnah

Senin 14 Desember 2009 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 12 14 230 284816

Masifnya gerakan massa dalam kasus KPK versus Polisi dan masalah Bank Century tampaknya telah membangkitkan

semangat perlawanan terhadap Pemerintahan SBY. Gerakan massa berbaju "penegakan hukum" itu telah merambah

berbagai wilayah gerakan. Mulai dari aksi turun ke jalan, penggunaan hak angket di parlemen, kampanye melalui media massa dan penggalangan massa melalui dunia maya (facebook).

Opini publik yang dibangun selama beberapa pekan terakhir ini nyaris seragam : cenderung memojokkan pemerintahan SBY. Sampai-sampai Presiden SBY sendiri merasa 'terkepung' oleh berbagai opini yang belum tentu kebenarannya. Tapi ini adalah risiko dari sebuah gerakan. Dari fakta-fakta yang mulai tersingkap, kemungkinan keterlibatan Presiden SBY dalam skandal Century tampaknya semakin kecil. Keseriusan SBY mendorong aparat penegak hukum bahkan melalui proses politik di parlemen untuk mengusut skandal ini, adalah salah satu indikasi ketidak-terlibatan SBY. Karena memang bersih, SBY tak akan risih mendorong penuntasan kasus Century ini dari hulu hingga hilir.

Kita hargai sikap dan itikad baik Presiden dan para penggagas hak angket Century, serta mendorong KPK, Polri

dan aparat penegak hukum lainnya untuk memanfaatkan secara bijak spirit pembarantasan korupsi dalam kasus Century ini. Dukungan massa rakyat juga sudah diberikan. Artinya, siapapun yang akan menghambat upaya ini, akan berhadapan dengan rakyat. Maka kepada aparat penegak hukum dan Pansus Century, dihimbau untuk bekerja dengan nurani yang jernih demi masa depan negeri ini. Jernih dari kepentingan pribadi, jernih dari ambisi-ambisi politik kotor, dan jernih dari rasa benci terhadap orang-orang yang mungkin akan terbukti terlibat. Rakyat Indonesia menunggu hasil kerja Anda menuntaskan kasus Century ini setuntas-tuntasnya.

Ricard Radja

Jaringan Epistoholik Indonesia

Tinggal di Kupang, Jl. Kejora, Tova, Kupang-NTT

Ricard_06@plasa.com

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini