nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ponari Jilid Dua Muncul di Malang

Deny Irwansyah, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2009 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 12 19 340 286520 R19gl3s6qH.jpg dok. RCTI

MALANG - Rumah dukun cilik Dadang Kurniyawan di daerah ini cukup terpencil di Desa Sumberhulu, Bandungrejo, Bantur, sekitar 50 kilometer dari Kota Malang, Jawa Timur. Meski medannya cukup sulit ke rumah dukun cilik ini, namun setiap hari warga antre untuk berobat ke rumah Dadang.  

Dukun cilik Dadang telah berpraktik sejak tiga bulan lalu. Setiap harinya, ratusan orang datang berobat di rumah sederhana semipermanen ini. Para pasien datang tidak hanya dari wilayah Malang, tapi juga dari berbagai wilayah lainnya di Jawa Timur, bahkan Jawa Tengah yang mendapat informasi dari mulut ke mulut.

 

Seperti halnya dukun cilik Ponari, dukun berusia 10 tahun ini bila mengobati juga sambil bermain-main sehingga pasien harus sabar menunggu. Cara pengobatan dukun ini bermacam-macam, Mulai diberi minuman ramuan dari media hingga dioles dan dipijat, tergantung penyakit yang dikeluhkan para pasien yang datang berobat.

 

Rasemi, ibu dukun cilik ini mengatakan, kemampuan anaknya untuk mengobati hingga kini keluarga maupun Dadang belum tahu asalnya, pasalnya terjadi secara alami. Sementara, Dadang sendiri mengaku senang bisa mengobati meskipun lelah karena jumlahnya mencapai ratusan per hari.

 

"Capek," kata sang dukun

 

"Alami," katanya lagi saat ditanya asal obat-obatanya tersebut

 

Bisa jadi mukjizat kalau itu masih ada atau sekadar sugesti saja. Namun yang jelas pengobatan ala Ponari seperti ini marak tidak terlepas dari keputusasaan masyarakat akibat relatif mahalnya biaya rumah sakit dan obat-obatan saat ini.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini