nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hatta Rajasa Terpilih Jadi Ketua Umum PAN

Maria Ulfa Eleven Safa, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2010 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 01 09 339 292463 lbbgmb6Arr.jpg

BATAM – Partai Amanat Nasional alias PAN akhirnya mempunyai ketua umum yang baru. Dalam kongres III di yang digelar di Ballroom Hotel Planet Holiday Batam ini, Hatta Rajasa akhirnya keluar sebagai juara.

Kemenangan Hatta, diumumkan oleh Ketua MPP PAN Amien Rais. Hatta menang secara aklamasi.Hal ini terjadi lantaran kandidat lain, Drajad Wibowo, mengundurkan diri dari pencalonan.

Menurut Amien Rais, aklamasi terjadi karena kubu Hatta dan Drajad telah bertemu tadi malam yang disebut Amien sebagai gentle agreement atau istilah dia, pertemuan tingkat tinggi itu.

Kemenangan Hatta, ini disambut riuh para pendukungnya. Mars PAN, dan yel-yel pun dinyanyikan pendukung PAN yang memenuhi hingga ke atas panggung.

Hatta Rajasa saat ini menjabat Menko Perekonomian. Pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I, Hatta sempat duduk di pos Menteri Perhubungan dan kemudian digeser menjadi Mensesneg.

 

Sejumlah kalangan sebelumnya mengkritik pencalonan Hatta di ajang perebutan kursi yang ditinggalkan Sutrisno Bachir. Pasalnya, Hatta adalah figur yang terlalu dekat dengan kekuasaan dan Partai Demokrat, sehingga jika Hatta menjadi nahkoda Partai Matahari Terbit ini, maka partai akan tenggelam, karena tidak mampu berkembang lantaran berada di ketiak Partai Demokrat.

 

“PAN bakal Kiamat,” kata pengamat politik Tjipta Lesmana pada sebuah kesempatan.

 

Sementara itu kubu PAN, optimistis, dengan track record Hatta di panggung politik, mantan sekjen PAN ini mampu memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan perolehan suara PAN di pemilu 2014 mendatang.

 

Kepada wartawan Hatta pun mengatakan menjanjikan dua digit persentase suara pada pemilu 2014.”20 persen pun bisa kita raih,” sumbar Hatta.

 

Hatta yang lahir di Palembang 18 Desember 1953 ini merupakan insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung Teknik Perminyakan pada 1973.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini