nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBY & Gus Dur Pernah Ziarahi Mbah Priok

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Rabu 13 Januari 2010 16:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 01 13 338 293760 XZTM1wAZnC.jpg

JAKARTA - Kekeramatan dari makam Mbah Priok di Jalan Kramat, Tanjung Priok, Jakarta Utama, tidak diragukan lagi.  

Buktinya, banyak pengunjung yang berziarah dari berbagai daerah ke makam Mbah Priok ini. Dari orang awam hingga pejabat datang ke makam datang guna mendapat karomah dari ulama bernama asli Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad Al Husaini Ass Syafi'i Sunni RA.

 

Menurut Umar, salah satu pengurus makam Mbah Priok, peziarah bukan hanya warga umumnya, namun pejabat juga kerap datang ke makam tersebut.

 

Sebut saja dua, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan almarhum mantan Prediden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dan keluarga Cendana pernah menziarahinya. "SBY, Fauzi Bowo dan Gus Dur juga pernah ke sini," ungkap Umar kepada okezone, Rabu (13/1/2010).

 

Menurut dia, Majelis Dzikir SBY 'Nurussalam' juga banyak memberikan dukungan terhadap keberadaan makam Mbah Priok. Terbukti hal itu dari spanduk majelis pengajian dari Cikeas ini yang banyak terpasang di sekitar makam.

 

Pihak Istana, sambung dia, setiap malam jumat meminta pengurus makam untuk tashrifan dan maulid, namun belum dipenuhi. "Permintaannya belum dipenuhi karena Habib tidak mau meninggalkan makam," ujar Umar.

 

Memang keberadaan makam keramat ini selain banyak menyimpan cerita mistis, juga punya daya tarik bagi para peziarah. Konon, US Coast Guard mengeluarkan peringatan bagi 10 pelabuhan di Indonesia yang tidak aman, salah satunya Terminal Peti Kemas (TPK) Koja, Jakarta Utara.

 

Terlepas apa ini benar atau tidak, pemerintah Amerika Serikat tidak berani melakukan bongkar muat di TPK Koja karena alasan tidak aman bagi lalu lintas bongkar muat internasional, karena di dalamnya terdapat makam keramat Mbah Priok. Keberadaan para peziarah mau tidak mau harus masuk area TPK Koja bila hendak ke makam, sehingga menjadikannya tidak steril.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini