Share

'Spiderman' Akan Panjat Gedung Tertinggi di Dunia

Anton Suhartono, Okezone · Senin 18 Januari 2010 02:28 WIB
https: img.okezone.com content 2010 01 18 18 294951 zFbFfsUsgF.jpg Alain 'Spiderman' Robert, saat memanjat Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia, 20 Maret 2007. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR - Pendaki gedung asal Prancis, Alain Robert, yang juga dijuluki “Spiderman”, berencana memanjat gedung tertinggi di dunia, Dubai Burj Khalifa di Uni Emirat Arab.

Gedung itu mulai beroperasi sejak 4 Januari 2010. “Saya harus melakukannya (memanjat), mungkin antara Januari dan April 2011,” ungkap pria yang juga pernah memanjat Gedung Indosat di Jakarta, seperti dikutip kantor berita Bernama, Minggu (17/1/2010).

Dia juga meyakini masyarakat Dubai akan tertarik dengan aksi nekatnya itu, meksi muncul kekhawatiran cuaca akan sangat panas saat pendakian.

“Masalahnya cuaca di Dubai panas bisa mencapai 40 derajat,” jelas pria 47 tahun ini.

Gedung setinggi 828 meter itu diberi nama Burj Khalifa untuk menghormati pemimpin Abu Dhabi yang berjasa saat mengeluarkan negara dari lilitan krisis keuangan tahun lalu.

Di antara gedung yang pernah dipanjatnya adalah Empir State Bulding di Amerika Serikat, Sears Tower dan Taipe 101.

Pria yang kerap berhadapan dengan polisi usai melakukan aksinya ini mengaku ketakutan terbesar dalam dirinya adalah saat menghabiskan waktu lebih banyak di darat. Baginya, memanjat sama pentingnya dengan makan dan bernapas.

Robert berada di Malaysia untuk menerima pengahrgaan atas aksi luar biasanya menaklukkan gedung-gedung pencakar langit dunia. Padahal dia pernah ditahan di negara itu karena memanjat Menara Kembar Petronas dengan 88 lantai pada September tahun lalu.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini