2 Juta Warga Jadi Pemilih Potensial

Amir Tejo, Okezone · Jum'at 05 Februari 2010 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2010 02 05 340 300858

SURABAYA - Jelang pemilihan wali kota Surabaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memperkirakan jumlah pemilih potensial warga Surabaya mencapai 2.237.000 pemilih.  

Rencananya, KPU Kota Surabaya baru akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Mei 2010.

 

Ketua KPU kota Surabaya Eko Sasmito mengatakan, kini pihaknya masih melakukan verifikasi atau pemutakhiran daftar pemilih sementara (DPS).

 

“Data pemilih itu merupakan data yang berasal dari pemkot berupa Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), lalu dijadikan KPU sebagai DPS untuk dimutakhirkan,” jelas Eko Samito.

 

Eko menambahkan, data itu kini sudah ada di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS. Selanjutnya, PPS akan membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih. “Paling tidak satu dua hari ke depan, kita akan melakukan pengecekan data di PPDP”, papar Eko.

 

Untuk dapat menggunakan hak pilih, warga harus terdaftar dalam daftar pemilih serta pemilih yang sudah terdaftar diberikan kartu pemilih paling lambat tiga hari sebelum hari pemungutan suara.

 

“Untuk syarat pemilih, nyata-nyata tidak terganggu ingatannya, tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasar putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Pemilih berdomisili di daerah pemilihan sekurang-kurangnya enam bulan sebelum disahkan DPS yang dibuktikan dengan KTP atau Surat Kependudukan lainnya yang sah dari kelurahan,” pungkasnya.

(lsi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini