Pilkada Surabaya Sepi Calon Independen

Amir Tejo, Okezone · Kamis 18 Februari 2010 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2010 02 18 340 304927 9fhDYdhUAW.jpg Pencoblosan Pilkada Jatim.

SURABAYA – Meski sudah diberikan kesempatan untuk maju lewat jalur independen, namun pemilihan Wali Kota Surabaya yang rencananya akan digelar pada 2 Juni 2010 mendatang, sepi calon independen.

 

Sejak dibuka pendaftaran untuk calon independen 15 Februari sampai 17 Februari kemarin, setidaknya ada tiga pasangan calon independen yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya.

 

“Namun dari tiga pasang nama yang mendaftar tersebut, hanya dua yang lolos seleksi sementara,” kata Edward Dewaruci Koodinator Divisi Pendataan Pemilih dan Peserta Pemilu Kampanye KPU Kota Surabaya, Kamis (18/2/2010).

 

Tiga nama yang mendaftar ke KPU Surabaya tersebut adalah Fitradjaja Purnama berpasangan dengan Naen Suryono. Kemudian pasangan Alisjahbana dan Risman Hadi. Pasangan ketiga adalah Trisno Hardani dan pasangannya, Anto Wijaya.

 

Namun pasangan Trisno Hardani dan Anto Wijaya mengundurkan diri karena sampai dengan pukul 24.00 tadi malam belum dapat memenuhi syarat mempunyai minimal 88.090 dukungan untuk maju sebagai calon independen.

 

“Jumlah tersebut merupakan tiga persen dari jumlah penduduk Surabaya yang jumlahnya mencapai 2.936.326 jiwa,” kata Tetet panggilan akrab Edward Dewaruci.

 

Setelah pendaftaran calon indepen ditutup, kata Tetet KPU Surabaya akan melanjutkan kepada tahapan berikutnya yaitu verifikasi dukungan dari para calon independen yang memenuhi syarat sementara. Rencananya verifikasi akan dilakukan selama 30 hari terhitung mulai hari ini.

 

“Dalam tahapan verifikasi dukungan calon independen ini adalah seluruh PPK maupun PPS se-Surabaya yang akan menjadi ujung tombaknya,” ujar Tetet.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini