Image

22 Rumah Rusak Dihantam Longsor

Ary Wahyu Wibowo, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2010, 04:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 02 20 340 305624 nrIupbB682.jpg

KARANGANYAR - Hujan yang mengguyur sepanjang hari di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah berakibat pada longsornya tanah secara sporadis. Akibatnya, sebanyak 17 titik di lima kecamatan yang ada di bawah kaki gunung Lawu menjadi sasaran longsor.

Meski tidak ada korban jiwa maupun luka, namun terdapat 22 rumah dilaporkan mengalami kerusakan. Dari jumlah tersebut, satu rumah dilaporkan mengalami kerusakan cukup parah. Peristiwa longsor di Kecamatan Ngargoyoso mengakibatkan 9 rumah rusak.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Jenawi mengakibatkan sebanyak 7 rumah atau talud pekarangan mengalami kerusakan. Selain itu, sayap jembatan di pertigaan Desa Temuireng dan Trengguli kerusakan serta jalan raya di Dusun Bonglot, Desa Jenawi mengalami retak. Sementara di Kecamatan Tawangmangu longsor mengakibatkan kerusakan 3 rumah.

Kerusakan terparah terjadi di Dusun Ngelo, Desa Salam, Kecamatan Karangpadan. Rumah Sunardi (35) warga setempat, nyaris roboh total setelah longsoran tanah menerjang rumahnya.

"Sebelum terjadi longsor, hujan lebat mulai terjadi sejak Jumat siang sekira 11.00 WIB dan baru reda sekira pukul 19.00 WIB. Pada waktu itu, angin juga bertiup sangat kencang," tuturnya, Sabtu (20/2/2010) malam. 

Namun peristiwa longsor baru terjadi sabtu pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Pada waktu, tebing tanah yang ada di belakang rumah mendadak longsor hingga mengenai sebagian besar rumahnya. Beruntung, semua anggota keluarga selamat karena sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

   

Kabid Perlindungan Masyarakat, Badan Kesbangpolinmas, Pemkab Karanganyar, Aji Pratama Heru Kristanto mengungkapkan, lima wilayah Kecamatan yang mengalami longsor masuk zona merah.

"Kami sudah cek ke lapangan dan titik longsor yang terjadi di lima kecamatan itu memang masuk zona merah kawasan longsor," ungkap Heru.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat terus waspada mengingat curah hujan di Karanganyar dipredikisi terus tinggi hingga akhir Februari.(bul)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini