Share

Regu Penyelamat Sisir Rumah dan Jalan Cari Korban

Fajar Nugraha, Okezone · Senin 22 Februari 2010 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2010 02 22 18 305880 1hZF15gzSq.jpg Banjir bandang di Portugal (Foto: AFP)

MADEIRA - Regu penyelamat terus mencari korban pascabanjir bandang yang melanda Madeira, Portugal. Sementara, jumlah korban tewas telah mencapai 42 orang dan 120 lainnya terluka.

Hujan deras mengakibatkan lumpur bercampur batu menerjang wilayah kepulauan tersebut. Hujan juga menyebabkan Ibukota Provinsi Madeira, Funchal dilanda banjir. Pasokan air bersih, listrik serta telekomunikasi, terputus di beberapa area. Kondisi ini menyebabkan tiga wilayah terpencil di pulau tersebut terisolasi.

Regu penyelamat mengkhawatirkan jika jumlah korban akan terus bertambah, mengingat di beberapa wilayah bencana masih banyak akses jalan yang belum terbuka. Kondisi ini makin menyulitkan kerja pihak regu penyelemat. Demikian diberitakan BBC, Senin (21/2/2010).

Perdana Menteri (PM) Portugal Jose Socrates, yang berkunjung ke lokasi bencana terkejut dengan tingkat kehancuran yang disebabkan oleh banjir bandang tersebut. PM Socrates menyatakan, jika pemerintah berjanji akan memberikan bantuan untuk bagi para korban banjir bandang.

Sementara Kabinet Portugal direncanakan akan melakukan pembicaraan atas bencana banjir bandang, hari ini. Rencananya Kabinet Portugal akan mengumumkan hari berkabung selama tiga hari.

Pihak militer Portugal sendiri telah mengirimkan regu penyelamat khusus tim medis ke lokasi bencana. Sedangkan perusahaan konstruksi yang terdapat di Pulau Madeira, meminjamkan peralatan berat mereka untuk membersihkan jalanan dari sisa-sisa banjir bandang.

Selain dari dalam Portugal, bantuan juga banyak ditawarkan oleh negara lain. Spanyol yang juga negara tetangga dari Portugal, menawarkan bantuan mereka dalam hal pengiriman regu penyelemat ke lokasi bencana.

Pemain sepakbola Klub Real Madrid Cristiano Ronaldo mengaku terkejut dengan kondisi Madeira pascabanjir. Madeira adalah kampung halaman dari pesepakbola ternama dunia tersebut. (faj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini