Share

13 Orang Tewas Diterjang Banjir di Haiti

Fajar Nugraha, Okezone · Senin 01 Maret 2010 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 01 18 307903 bYPHxrmC4g.jpg Warga korban banjir Haiti (Foto: AFP)

PORT AU PRINCE - Setidaknya 13 orang dilaporkan tewas akibat banjir yang melanda wilayah Haiti yang tidak tersentuh oleh bencana gempa dashyat beberapa waktu lalu. Banjir ini memaksa 3 ribu warga mengungsi.

Sejak hujan deras yang melanda kota Les Cayes yang berlokasi sekira 160 kilometer dari Port au Prince, banjir besar terus melanda wilayah tersebut. Banjir menyebabkan 13 warga tewas dan tiga orang lainnya dilaporkan hilang. Demikian diberitakan AFP, Senin (1/3/2010).

Bencana kali ini makin membuat beban baru terhadap Pemerintah Haiti yang sebelumnya dipusingkan oleh penanganan korban gempa yang melanda Port au Prince, 12 Januari lalu.

Kini dengan 3 ribu warga yang mengungsi dari bencana banjir yang melanda, semakin membuat Pemerintah Haiti kewalahan menangangi bencana. Para pengungsi sangat membutuhkan pasokan air bersih dan makanan.

Namun kondisi jalanan yang dalam kondisi hancur akibat banjir, mempersulit upaya pemerintah untuk memasok bantuan bagi korban banjir. Selain itu lahan pertanian yang turut rusak makin memperparah kondisi warga. Selain ancaman banjir, warga juga dihadapi terjangan longsor lumpur di beberapa daerah yang terimbas banjir.

Banjir kali ini datang di saat musim penghujan yang dimulai pada bulan ini. Musim penghujan dikhawatirkan dapat mempengaruhi warga Haiti yang banyak dalam pengungsian akibat bencana gempa 12 Januari lalu. (faj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini