Share

Mantan Pemimpin Bosnia Ditangkap di London

Hermanto, Okezone · Selasa 02 Maret 2010 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 02 18 308229 93aIGi1UX8.jpg Mantan presiden Bosnia Ejup Ganic (foto: danas.rs)

LONDON - Mantan presiden Bosnia Ejup Ganic di tangkap di London. Penangkapan tersebut terkait permintaan surat ekstradisi karena kejahatan perang yang ia lakukan pada 1990 saat terjadi konflik Balkan.

Pejabat dari Kepolisian Unit Ekstradisi menangkap pria berusia 63 tahun itu pada saat di Bandara Heathrow London. Ia dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap para tentara yang terluka pada 1992.

Beograd akan menyidangkan Ganic dan 18 mantan pejabat Bosnia lainnya, yang diduga terlibat penyerangan konvoi tentara Yugoslavia di Sarayevo, serta tuduhan insiden di rumah sakit dan barak militer di Ibukota Bosnia.

Seperti dikutip AFP, Selasa (2/3/2010), sekira 18 orang terbunuh, banyak pejabat, tentara dan penduduk yang terluka serangan konvoi pada Mei 1992.

Perang antaretnis Bosnia dan Kroasia, Muslim dan Serbia, diperkirakan, menelankan 100 ribu jiwa. Membuat negara itu menjadi terbelah dua otonomi, Federasi Muslim Kroasia dan Republik Serbia Srpska.

Penangkapan Ganic sendiri bersamaan dengan dengan pernyataan dari pimpinan perang Radovan Karadzic yang mengatakan bahwa konflik yang terjadi di Bosnia merupakan 'perang suci' karena menentang agresi Muslim.

Di Beograd, Menteri Kehakiman Serbia Snezana Malovic kepada kantor berita Beta menyatakan, bahwa kementriannya akan mengirimkan permintaan ekstradisi kepada Inggris agar dapat mengirimnya ke Bosnia Selasa ini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini