Ratusan Warga Sipora Kena Wabah Chikungunya

Rus Akbar, Okezone · Rabu 03 Maret 2010 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 03 340 308757

PADANG - Sejak awal bulan Februari sampai Maret ini sudah ratusan warga yang tinggal di bagian pantai barat Sipora di jangkiti penyakit chikungunya, seperti Desa Beriulou, Bosua, Masokut dan Taraet, Kecamatan Spora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat semua warganya sudah dijangkiti penyakit chikungunya.

 

Menurut Marius (41) warga Desa Beriulou pada okezone via telepon mengatakan sejak awal Februari lalu sampai sekarang hampir semua orang di empat desa ini sudah diserang penyakit chikungunya.

 

“Hampir seluruh warga di tiga desa ini kena penyakit chikungunya. Jumlah nya mencapai ratusan orang di daerah kami ini, setiap keluarga sudah ada kena, termasuk saya,” katanya, Rabu (3/3/2010).

 

Untuk berobat terpaksa mereka naik ojek ke Desa Bosua karena di daerah ini memiliki satu unit Puskesmas Pembantu (Pustu), Marius mengatakan memang tidak ada yang meninggal dunia, tapi menurut penyakit ini cukup menyakitkan karena membuat mereka lumpuh seketika.

 

“Semua badan saya lumpuh dan tidak bisa digerakkan,karena di desa saya tidak memiliki puskemas terpaksa saya ke Sioban ibu kota Kecamatan menempuh jarak 4 jam lewat transportasi laut,” ungkapnya.

 

Ia juga menyesalkan tindakan dari Dinas Kesehatan Mentawai, sudah tahu warganya diserang penyakit ini tapi mereka tidak pernah berkunjung ke daerah yang terkena chikungunya.

 

“Seharusnya Dinas Kesehatan melakukan pengobatan massal, karena semua warga kami sudah terkena penyakit tersebut,” kesalnya.

 

Dari informasi yang okezone peroleh ternyata wabah chikungunya tersebut sudah berlangsung sejak awal bulan Januari lalu, hapir seluruh daerah di Kepulauan Mentawai ini terserang chikungunya.

 

Seperti di desa Saliguma dan Saibi, Kecamatan Siberut Tengah sebanyal 250 menderita, Sagulubbe dan Taileleleu, Kecamatan Siberut Barat Daya sebanyak 25 orang, Kecamatan Pagai Selatan sebanyak 100 orang dan Siberut Selatan 400 korban dan Kecamatan Spora Selatan sudah 100 orang lebih yang terkena chikungunya.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini