Jumlah Korban Chikungunya Terus Bertambah

Gin Gin Tigin Ginulur, Okezone · Kamis 04 Maret 2010 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 04 340 309279 vMvkDY4QIC.jpg Nyamuk Chikungunya. (Foto: biotech-weblog.com)

BANDUNG - Jumlah warga Desa Kertamukti Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang terserang Chikungunya terus bertambah. Kini, warga yang terjangkit Chikungunya mencapai 45 orang yang berasal dari enam RW.

"Sampai hari ini jumlah warga yang terjangkit Chikungunya terus bertambah. Wabah tersebut telah menyerang daerah baru di RW 13 dan menyebabkan empat warganya tidak bisa beraktivitas akibat lemas seperti orang lumpuh," kata Kepala Desa Kertamukti, Sunaryo, Kamis (4/3/2010).

Menurut Sunaryo, para korban yang baru terjangkit itu belum dapat dipastikan penyebab awalnya. Namun, kata dia, jika dilihat dari gejala-gejala yang dialaminya, mereka sepertinya telah diserang nyamuk berbahaya itu.

Untuk memutus siklus kehidupan nyamuk, fogging atau pengasapan terus dilakukan oleh pihak desa bekerjasama dengan kecamatan. Upaya tersebut, kata dia, merupakan satu-satunya hal yang bisa dilakukan dalam situasi seperti saat ini.

Tadi pagi, fogging dilakukan di dua RW, yakni RW 06 (Kampung Semper) sekitar 200 kepala keluarga (KK), dan RW 07 (Kampung Manggah) sekitar 180 KK. Dua RW tersebut merupakan daerah yang telah terkena serangan sejak dua minggu terakhir.

"Selain fogging, penyadaran kepada masyarakat untuk selalu melakukan 3 M juga terus dijalankan. Karena tanpa adanya kesadaran dari para warga, berbagai upaya yang kami lakukan tidak akan membuahkan hasil apapun," ungkap Sunaryo.

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini