Share

30 Tewas Akibat Banjir di Kazakhstan

Fajar Nugraha, Okezone · Sabtu 13 Maret 2010 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2010 03 13 18 312239 ehYiVw6WrH.jpg

TALDYKORGA - Sekira 30 orang dilaporkan tewas sementara ribuan lainnya dievakuasi dari rumah mereka setelah banjir melanda di Kazakhstan. Banjir ini terjadi akibat dua waduk di distrik Aksuisky dan Karatalsky tidak dapat lagi menampung air yang meluap.

Volume air sungai di distrik Aksuisky yang terus bertambah akibat mencairnya salju serta munculnya mata air baru, menyebabkan waduk di distrik tersebut jebol. Air yang bah dari waduk Aksuisky kemudian menyerang waduk di Karatalsky hingga terjangan air menerpa wilayah pemukiman penduduk yang berada disekitar kedua waduk itu.

Hingga Jumat 12 Maret sekira 30 mayat korban ditemukan oleh petugas berwenang setempat. Sementara 2,500 warga terpaksa keluar dari rumah mereka untuk mengungsi. menurut juru bicara pemerintah setempat Ilyas Biyakhmetov, bencana ini telah menyebabkan sekira 60 rumah hancur. Demikian diberitakan AFP, Sabtu (13/3/2010).

Sementara Perdana Menteri Kazakhstan Karim Masimov yang mendatangi lokasi bencana menyatakan jika pemerintah akan menyelidiki penyebab pasti dari banjir ini. PM Masimov juga memperingatkan jumlah korban kemungkinan besar akan bertambah melihat dari kondisi lokasi bencana. (faj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini