nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ada Tanggap Darurat Pascagempa Aceh & Sumut

Insaf Albert Tarigan, Jurnalis · Rabu 07 April 2010 16:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 04 07 340 320235 4RlnHIovfv.jpg Ilustrasi Kerusakan Pasca Tsunami di Aceh (Foto: daylife)

JAKARTA - Gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Sumatera Utara dan Aceh, tidak menimbulkan korban jiwa. Kerusakan bangunan dan infrastruktur di dua provinsi itu pun minim.

 

Karena itu, pemerintah belum menetapkan status tanggap darurat di lokasi bencana tersebut.

 

"Belum diumumkan sama pemerintah daerah, tapi saya pikir nggak, sebab yang rusak itu rumah-rumah juga nggak banyak, yang luka berat empat orang, semua 12 di rumah sakit," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri usai mengantar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berangkat ke Hanoi, Vietnam, melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (7/4/2010).

 

Selain itu, menurut dia, dari laporan yang diterima, jumlah bantuan warga yang mengungsi di kantor-kantor kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, masih memadai.

 

"Ngga ada masalah. Kalau 7,2 itu kan luar biasa, kalau terjadi begitu kan satu hal, ya kita bersyukurlah sama Allah, sudara kita dijaga kita semua," ungkapnya.

 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu pun menambahkan, meski sudah ada teknologi canggih, namun gempa tetap tidak bisa diprediksi. Karena itu, masyarakat memang diberi latihan-latihan untuk menghadapi gempa.

 

"Tapi memang pas terjadi gempa kan mereka keluar rumah, ya rumah-rumah yang rusak berat, mereka cuma luka ringan, karena masih gelap di sana, sebagian mungkin masih tidur juga. Tapi bersyukur lah," tutupnya.

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini