Tim Untid Temukan BBM Arang Sintetis

Agus Joko, Koran SI · Rabu 14 April 2010 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2010 04 14 99 322535 AtsdQr10cz.jpg Image : Corbis.com

MAGELANG - Universitas Tidar (Untid) Magelang menorehkan prestasi akademik tentang penemuan bahan bakar alternatif nonfosil.

Setelah melakukan penelitian dan kajian akademik, dosen teknik mesin, Jarot Hadi Astanto dan enam mahasiswanya berhasil menciptakan bahan bakar minyak (BBM) sintesis berbahan dasar arang kayu.

”Disebut sintesis, karena bahan bakar ini hasil buatan (manusia), bukan karena alam, seperti BBM pada umumnya” kata Jarot kemarin. Bahan bakar sintesis yang diklaim mampu menjadi bahan bakar alternatif kendaraan bermotor tersebut didapat dari proses destilasi uap pada mesin reaktor. Bentuknya cair mirip BBM seperti bensin atau solar, hanya saja tidak berbau dan berwarna putih bening. ”Destilasi adalah pemisahan senyawa cair melalui proses kimia. Proses ini didahuli dengan penguapan senyawa cair melalui pemanasan dan dilanjutkan dengan pengembunan uap. Dari pengembunan itu, jadilah senyawa cair,” jelasnya.

Bermula dari bahan arang kayu yang dibakar. Asap hasil pembakaran arang kayu ditampung dalam sebuah mesin reaktor untuk diembunkan dan menjadi cairan bahan bakar. 10 kilogram (kg) arang bisa menghasilkan 0,1 liter BBM sentesis. Jarot mengklaim jika BBM hasil karyanya ramah lingkungan.Hasil uji coba pembakaran menunjukkan api pembakaran BBM sintesis warnanya biru dan tidak menimbulkan asap.

Sementara pembakaran bensin, apinya merah kekuningan dengan asap berwarna hitam. Agus Muhaimin, mahasiswa yang ikut dalam tim penelitian, menambahkan pemakaian BBM sintetis telah diujicobakan di kendaraan bermotor. Meski masih dicampur dengan bensin dengan komposisi 3:1, atau tiga liter bensin dicampur satu liter BBM sintesis, namun hasilnya cukup memuaskan.

Penggunaan secara tunggal masih dalam tahap pengembangan. ”Temuan ini kami sebut Cipto Geni. Sebenarnya sejak 2007 kami juga telah menemukan lima bahan bakar alternatif. Di antaranya, Cakra Geni bahan bakar pengganti minyak tanah yang terbuat dari minyak jelantah dan Cakar Geni bahan bakar yang sama dan terbuat dari limbah karet busa,” bebernya. 

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini