Wali Kota Ajari Ibu-Ibu Cara Gunakan Gas yang Benar

Andi Aisyah, Okezone · Rabu 14 Juli 2010 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 14 340 352719 r89BnSkp7g.jpg Peragaan pemasangan gas elpiji di Kedoya, Jakarta Barat, oleh Pertamina. (Foto: Koran SI)

MAKASSAR - Kasus ledakan gas yang marak terjadi belakangan ini, membuat instansi terkait melakukan kampanye penggunaan tabung dan kompor gas dengan benar.

Seperti yang dilakukan Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pagi ini di Kantor Kecamatan Tallo, di Jalan Arief Rahman Hakim.

Acara yang digelar Pemkot Makassar bekerja sama dengan Pertamina Gas Domestik V, dihadiri ratusan ibu-ibu rumah tangga yang menyimak dengan antusias bagaimana seharusnya penggunaan kompor dan tabung dengan benar.

Wali Kota Ilham Arief Siradjuddin memperagakan cara memasang regulator, menyalakan kompor, memasang selang karet, serta menyampaikan bagaimana melihat tanda-tanda apakah kompor dan gas dalam kondisi layak atau tidak.

Dalam sambutannya Ilham meminta masyarakat untuk bisa menjaga lingkungan masing-masing dan saling mengingatkan agar musibah ledakan gas tidak lagi terjadi di Makassar dan sekitarnya.

Sementara itu, Sales Representative Pertamina Gas Domestik V, Tiara Thesaufi, memberikan pengarahan dan tips kepada warga. Tiara menekankan perlunya kebiasaan untuk memeriksa tabung gas dan kompor menjadi setiap hari.

“Hal yang paling pertama dalam kehidupan keseharian di rumah itu adalah kebiasaan. Kita harus terbiasa bangun pagi dan langsung memeriksa keadaan dapur serta memcium bau di sekitar. Jika ada bau menyengat, segera antisipasi, buka ventailasi, atau lepaskan selang dari tabung,” papar Tiara, Rabu (14/7/2010).

Dia juga meminta tabung gas tidak diletakkan berdekatan dengan kompor minyak tanah, karena bisa menjadi pemicu percikan api. Begitu pula dengan alat rumah tangga lainnya yang menggunakan listrik, seperti kulkas dan pompa air.

“Pompa air dan kulkas itu sumber api yang tidak terlihat. Kalau berdekatan dengan tabung, bisa menjadi pemicu ledakan,” ungkapnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini