nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Raih 2 Emas di Olimpiade Biologi Internasional

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2010 08:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 07 20 373 354545 toohFniVLE.jpg im

JAKARTA - Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI) meraih dua emas dan dua perunggu pada International Biology Olympiad (IBO) ke-21 di Changwon, Korea Selatan, 12-17 Juli lalu.

Peraih emas adalah siswa SMAN 1 Pringsewu, Lampung, Irfan Haris; dan siswa SMAK BPK Penabur, Jakarta, Harun Reza Sugito. Irfan berada pada posisi ke-6, sedangkan Harun menempati urutan ke-10.

Sementara, medali perunggu diraih oleh siswa SMAN 1 Wonogiri Danang Crysnanto, dan siswa MAN Insan Cendikia, Tangerang, Thoriq Salafi.

Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Sungkowo menyatakan, tahun ini merupakan kali kesepuluh keikutsertaan Indonesia dalam IBO. Menurutnya, prestasi yang diraih tim Indonesia merupakan prestasi luar biasa mengingat tidak ada pembinaan khusus bagi para peserta.

"Tahun lalu kita hanya dapat perak. Alhamdulillah tahun ini kita dapat emas," ujar Sungkowo saat menjemput tim di Bandara Soekarno Hatta, Senin 19 Juli malam.

Sementara, ketua tim pembina TOBI 2010 Agus Dana Permana mengatakan, "Kesuksesan Indonesia merupakan buah dari semangat, kepandaian, kerja keras, serta keuletan keempat siswa tersebut."

Seleksi untuk TOBI dimulai pada tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional. Mereka yang lulus seleksi kemudian mendapat pembinaan dari para guru, khususnya bidang Biologi; para dosen pembimbing dan asisten IBO dari Sekolah Ilmu Tumbuhan dan Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH ITB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), serta psikolog dan tim pembina motivasi dari ITB.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini