nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amiruddin Disumpah Jadi Ketua DPRD Medan

Adela Eka Putra Marza, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2010 13:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 07 27 340 356982 q6V1ZriEk6.jpg wordpress (ilustrasi)

MEDAN - Akhirnya, jabatan Ketua DPRD Medan kembali terisi, setelah sempat terjadi kekosongan belakangan ini. DPRD Kota Medan menggelar sidang paripurna istimewa dengan agenda pelantikan dan pengucapan sumpah Ketua DPRD Kota Medan yang baru Amiruddin.

 

Pembacaan sumpah jabatan dan pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Panusunan Harahap di Gedung DPRD Kota Medan, Selasa (27/7/2010). Dalam sidang paripurna istimewa yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB tersebut, hadir sejumlah anggota DPRD Kota Medan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan yang baru dilantik Rahudman Harahap dan Dzulmi Eldin.

 

"Amanah yang diberikan kepada saya ini, Insya Allah akan saya laksanakan dengan sebaik mungkin. Kepada para anggota DPRD yang lain saya minta untuk selalu bekerja sama membangun Kota Medan yang tercinta ini," ucap Amiruddin dalam kata sambutannya.

 

Amiruddin sendiri yang merupakan kader Partai Demokrat menggantikan Ketua DPRD Medan yang lama Denni Ilham Panggabean. Denni diberhentikan dari jabatannya karena telah menyalahi aturan partai, saat mengikuti bursa pencalonan Wali Kota Medan beberapa waktu lalu.

 

Selain itu, Denni juga dianggap telah melakukan sejumlah kesalahan sebagai ketua. Oleh karena itu, anggota dewan lainnya menggulingkan Denni dari jabatannya melalui sidang paripurna DPRD Medan dengan agenda pemberhentian Denni, bulan lalu.

 

Sidang paripurna itu sendiri berlangsung ricuh, karena Denni tidak terima adanya rapat tersebut. Denni juga tidak menerima penunjukkan Wakil Ketua DPRD Medan Sabar Syamsuria Sitepu sebagai Plt Ketua DPRD Medan. Menurut Denni, dia sama sekali tidak pernah dilibatkan dalam rapat penunjukkan tersebut.

 

Rapat paripurna pemberhentian Denni ini sendiri dilakukan berdasarkan agenda rapat Badan Musyawarah DPRD Medan dengan merujuk kepada Surat Keputusan DPP Partai Demokrat yang berisi tentang pemberhentian Denni sebagai Ketua DPRD Medan. Berdasarkan surat itu juga, posisi Denni digantikan oleh Amiruddin.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini