Eka Tjipta Foundation Raih Rekor MURI

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 30 Juli 2010 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 30 373 358088 pNDnlXU5rX.jpg foto: Rifa/okezone

JAKARTA - Eka Tjipta Foundation (ETF) meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori Pemberi Beasiswa S1 terbanyak untuk kurun waktu tertentu (2007/2008 - 2008/2009). Selama periode tersebut, ETF telah memberikan beasiswa kepada 2.018 mahasiswa berprestasi di 30 universitas mitra ETF di seluruh Indonesia.

Pemberian penghargaan dilakukan langsung oleh pendiri MURI Jaya Suprana kepada Ketua Umum ETF G Sulistiyanto, serta disaksikan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal, di Plaza Simas, Jakarta, Jumat  (30/7/2010).

Sulistiyanto menuturkan, penghargaan ini diraih berkat dukungan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).  "Penghargaan ini akan menjadikan ETF lebih berkomitmen untuk berperan aktif mewujudkan Indonesia sejahtera melalui pembangunan sumber daya manusia dan pelestarian lingkungan hidup," ujar Sulistiyanto.

Sementara Direktur MURI Jaya Suprana menyatakan, ETF merupakan salah satu yayasan yang tulus dan konsisten dalam pemberian beasiswa. "Semoga langkah ETF juga diikuti oleh yayasan-yayasan lainnya," ucap Jaya.

Beasiswa ETF diberikan melalui Program Tjipta Sarjana Bangun Desa (TSBD), yaitu program yang dirancang untuk membantu mahasiswa berprestasi yang diutamakan berasal dari sekitar wilayah unit-unit usaha Sinar Mas. Setelah lulus, para penerima beasiswa tersebut diwajibkan kembali ke daerah masing-masing untuk membangun daerah tersebut.

Selain TSBD, program beasiswa terbaru Sinar Mas adalah Tjipta Pemuda Bangun Bangsa (TPBB). Program ini khusus diberikan bagi mereka yang berprestasi tingkat nasional maupun internasional. Pemegang prestasi nasional akan dibiayai untuk berkuliah di sepuluh universitas ternama Indonesia, serta 15 perguruan tinggi terbaik dunia.

Tahun ini, dua orang peraih beasiswa TSBD adalah Guinandra Luthfan Jatikusumo dan Ratnaganadi Paramita. Andra akan mengambil jurusan System Engineering di University of Australian National University, sementara Ratna akan mengambil jurusan Neuroscience di University San Diego California. Mereka berdua akan mendapat beasiswa penuh selama masa studi termasuk biaya hidup.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini