nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Lantik Gubernur Terpilih Sumbar

Rus Akbar, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2010 11:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 08 15 340 363099 X1SZpylXu1.jpg Mendagri Gamawan Fauzi (Foto: wikipedia)

PADANG- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi melantik Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dan Muslim Kasim sebagai Wakil Gubernur Sumbar untuk periode 2010-2015.

Pelantikan pasangan nomor urut 2 pada Pemilukada 30 Juni lalu ini, atas keputusan Presiden RI No89/P Tahun 2010. Pelantikan berlangsung sekira pukul 10.00 WIB di gedung darurat DPRD Sumbar, Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Sumbar.

Dalam acara pelantikan gubernur dan wakil gubernur yang diusung oleh PKS, Partai Hanura, Partai Bintang Reformasi ini dihadiri beberapa menteri seperti Menkum HAM Patrialis Akbar, Menkominfo Tifatul Sembiring dan beberapa menteri lainnya.

Selain itu dalam acara ini juga dihadiri menteri pertahanan Malaysia dan beberapa utusan kepala daerah lainnya. Dalam pidatonya, Gamawan berpesan kepada gubernur yang baru dilantiknya.

“Sesuai dengan PP 19 tahun 2010 ada empat poin yang harus dilaksanakan kepala daerah, sebagai perpanjangan tangan presiden. Keempat poin itu adalah, melakukan koordinasi dengan kepala daerah di tingkat kabupaten dalam pembangunan,” kata Gamawan.

Selanjutnya, melakukan pengawasan terhadap pembangunan di tingkat kabupaten dan kota. “Tidak mungkin yang melakukan pembangunan langsung mengawasi dirinya, maka perlu ada yang lebih tinggi yaitu gubernur sendiri,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, yang harus dilakukan gubernur itu adalah melakukan pembinaan kinerja kepada staf termasuk guru. Lalu poin keempat, melakukan penyelenggaraan pemerintah yang berdasarkan pancasila dan sesuai ideologi negera ini.

“Sesuai pesan Ketua DPRD Sumbar, bapak gubernur setelah 3 bulan menjalankan jabatannya harus memberikan laporan RPJMD sesuai visi misinya saat kampanye,” tandas Gamawan.

Dalam pelantikan tersebut dikerahkan 516 personel polisi mulai Polresta Padang dan jajarannya dibantu personil Brimobda Polda Sumbar.

“Kita mengerahkan personel ini untuk menjaga keamanan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sumbar,” pungkas Wakapolres Padang AKBP Wisnu Handoko pada okezone di sela-sela pelantikan gubenur dan wakil gubernur Sumbar.

(lsi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini