Bangun Banyak Gedung, UI Klaim Tetap Peduli Lingkungan

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Senin 23 Agustus 2010 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2010 08 23 373 365541 sEX3nySuh6.jpg Ilustrasi: ist.

DEPOK – Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) mempertanyakan kebijakan kampus yang selalu menambah serta membangun gedung baru seperti perpustakaan terbesar, maupun gedung vokasi yang tengah dalam proses pembangunan. Menanggapi hal itu, pihak kampus UI mengklaim, tetap akan memperhatikan sisi aspek tata letak dan lingkungan.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vhisnu Juwono mengatakan, minat masyarakat untuk bergabung dengan UI begitu besar sehingga volume atau kapasitas penduduk UI tak sebanding dengan ruang yang ada dan memerlukan gedung baru. Vhisnu menjamin, setiap UI membangun gedung baru tidak akan melanggar undang–undang dan selalu memperhatikan lingkungan sekitar.

“Minat ke UI begitu besar. Jadi ada S1 Reguler, belum lagi vokasi, pascasarjana, maupun kelas internasional. Situasi ini memerlukan fasilitas yang cukup, karena ratio dan jumlah mahasiswa tak seimbang. Meski begitu,kami masih perhatikan aspek lingkungan seperti peremajaan pohon,” ujarnya kepada wartawan, akhir minggu lalu.

Staf Pembinaan Lingkungan Kampus (PLK) UI Ismail Sumawijaya mengatakan, saat ini pihak UI juga tengah menyemaikan ribuan pohon baru di lingkungan kampus UI seperti pohon mahoni, maupun trembesi. Ismail mencontohkan, UI kini berencana memperluas asrama UI yang saat ini baru mampu menampung sekira lima persen dari total mahasiswa UI.

“Asrama baru bisa menampung 1.250 mahasiswa. Dan kami masih terus memperhatikan aspek lingkungan, ada peremajaan pohon, ada persemaian juga, kami juga terus tanam pohon di lahan–lahan yang masih kosong,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat kampus UI bahkan akan membangun media center bagi para wartawan yang hendak meliput di UI. Pihak kampus juga berjanji akan menyediakan fasilitas jaringan internet bagi para wartawan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini