Chandra: Yang Penting Sidik Pencucian Uang

Ferdinan, Okezone · Jum'at 27 Agustus 2010 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2010 08 27 339 367493 XAEnnq6RQZ.jpg Gedung KPK

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Chandra M Hamzah mengaku tak soal bila hasil analisis Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) lebih didahulukan untuk diserahkan ke Kejaksaan Agung dan Kepolisian.

Chandra mengatakan kewenangan melakukan penyelidikan tindak pidana pencucian uang yang diakomodir dalam draf RUU yang masih dibahas sudah cukup bagi KPK.

"Yang penting kewenangan penyidikan. Kami punya kewenangan menyelidiki perkara money laundring dan menurut saya itu yang paling penting," kata Chandra usai mengikuti rapat bersama tim perumus RUU Pencucian Uang di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (27/8/2010).

Sementara itu Ketua PPATK Yunus Husein mengaku draf yang dibahas ini sudah mengalami kemajuan dari sebelumnya. "Ini sudah ada kemajuan. Laporan hasil analisis (PPATK) bisa diberikan ke enam penyidik walau hanya dapat tembusan, (sementara), aslinya (diberikan ke) kepolisian dan kejaksaan.

Yunus sendiri mengaku menerima rumusan draf RUU yang menyebut PPATK tidak berwenang menyelidiki dugaan tindak pidana pencucian uang. "(Kewenangan penyelidikan) itu sudah hilang, diganti pemeriksaan, dan kami bisa terima," pungkasnya.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini