Image

Badan Pengawas Perbatasan Jangan di Bawah Mendagri

Misbahol Munir, Jurnalis · Minggu, 5 September 2010 - 18:34 WIB
Yorris Raweyai (Foto: Koran SI) Yorris Raweyai (Foto: Koran SI)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Yorris Raweyai mengatakan Badan Nasional Pengawas Perbatasan (BNPP) sebaiknya tidak di bawah Menteri Dalam Negeri.

Menurut politisi dari Partai Golkar ini mengusulkan agar badan di bawan Menko Polhukam atau Wakil Presiden, sehingga akan memudahkan dalam koordinasi.

“Badan Nasional Penanganan Perbatasan ada keputusan, saya ikut konsultasi dengan Pemerintah. Kami dari Komisi I mengusulkan koordinator badan itu. Jangan di bawah Mendagri. Kalau Mendagri yang menangani ini, maka akan sulit melakukan koordinasi. Kalau bisa di bawah Menko Polkam atau Wapres,” ujar Yorris di sela acara dialog aktivis muda Indonesia bertajuk Nasionalisme Kedaulatan Negara di Ujung Tanduk: Pembelajaran dari Potensi Konflik Perbatasan Indonesia-Malaysia di Hotel Nikko, Jakarta Pusat, Minggu (5/9/2010).

Pembentukan lembaga itu, lanjutnya, sudah mendapat legalitas melalui Keputusan Presiden.

Dalam kesempatan itu Yorris juga mempertanyakan mengapa petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepaskan tujuh nelayan Malaysia, tanpa koordinasi dengan Kepolisian Air dan TNI AL. Menurutnya hal ini harus dibuka lebar, untuk memperjelas permasalahan. Saat itu, beredar isu bahwa pembebasan petugas KKP dan nelayan yang mencuri ikan di perairan Indonesia itu, merupakan barter, meski kemudian dibantah oleh Kementerian Luar Negeri.

Yorris juga menyoroti internal pemerintahan yang terkesan tidak ada koordinasi untuk mencari solusi permasalahan ini. Menurut Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) ini, yang paling penting ialah instropeksi, apakah betul petugas KKP yang membebaskan nelayan itu sudah sesuai dengan aturan pembebasan nelayan.

“Kan itu ada prosedur karena nelayan Malaysia itu dibebaskan yang membuat masyarakat menjadi marah. Kita minta untuk membuka itu,” tandasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming