Share

Persiapan Apa Lagi untuk Kuliah ke Luar Negeri?

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Selasa 14 September 2010 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 09 368 371513 8z7PkAG4c0.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Selain paspor dan visa, berikut adalah hal-hal penting lainnya yang harus dipersiapkan menjelang keberangkatan kuliah di luar negeri.

Membeli tiket pesawat. Perlu diingat, pencarian tiket murah membutuhkan waktu, kesabaran, dan keberuntungan. Karena itu, pesanlah tiket ke negara tujuan studimu jauh hari sebelum keberangkatan.

Mengecek kondisi kesehatan. Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebenarnya juga diperlukan bagi mahasiswa yang berniat melanjutkan studi di luar negeri. Biasanya medical check up meliputi pemeriksaan urin, darah, hati, dan jantung. "Penerima beasiswa penuh biasanya mendapatkan fasilitas medical check up sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi," papar Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri terbitan Daras Books.

Reny juga mengingatkan pentingnya membuka rekening bank di negara tujuan. Kita harus mencari informasi selengkap-lengkapnya mulai dari menemukan bank yang paling tepat, mempelajari persyaratannya, dan mencari tahu tentang besar deposit yang diperlukan. "Jika menyimpan uang di bank dinilai terlalu rumit, kita bisa menyimpan uang di kantor pos yang persyaratannya lebih mudah," imbuhnya.

Dalam mencari tempat tinggal, kita harus menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup kita agar nantinya kerasan di negeri asing. Selain itu, perhatikan juga harga yang harus kita bayar untuk menyewa tempat tinggal tersebut, jangan sampai beasiswa yang kita dapatkan habis hanya untuk menyewa tempat tinggal.

Ketika telah memulai perkuliahan, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan komunitas mahasiswa di negara tujuan studi kita. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak terlalu merasa asing, serta sebagai sarana berbagi informasi bermafaat tentang perkuliahan dan kehidupan di negara yang baru kita pijak tersebut. Informasi tentang perkumpulan mahasiswa di luar negeri dapat kita telusuri di situs mereka yang dapat kita cari di internet.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini