nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesepakatan Damai di Tarakan Tercapai

Amir Sarifudin , Jurnalis · Kamis 30 September 2010 09:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 09 30 340 377534 v4vQGY8Zks.jpg Ilustrasi

TARAKAN - Pertemuan Gubernur Kalimantan Timur dan rombongan dengan dua kelompok massa yang bertikai akhirnya dicapai kesepakatan damai.

Gubernur Kaltim Awang Faroek yang menjadi mediator pertemuan di ruang VIP Bandara Juwata, Rabu 29 September malam, dalam keterangan kepada pers mempersilakan kedua pihak untuk menyampaikan hasil kesepakatan.

Hasil kesepakatan itu dibacakan secara bergantian oleh dua kelompok dari Tidung dan Sulawesi Selatan.

”Kami bersepakatan untuk menghentikan aksi dan sepakat untuk berdamai,” ucap Sabirin Sanyong dari kelompok Tidung dan Yancong mewakili Sulawesi Selatan, Rabu 29 September malam.

Hasil kesepakatan ini juga akan disosialisasikan ke kedua kelompok dan pihak Muspida yang hadir dalam pertemuan itu. “Kita akan sosialisasikan hasil kesepakatan ini kepada masing-masing kelompok,” sambung Yancong.

Selain itu, kesepakatan ini juga meminta kepada pihak massa untuk meletakkan senjata. Jika tidak, akan dilakukan tindakan hukum dalam 24 jam ke depan dan massa juga diminta untuk membubarkan diri.

Sementara pihak Muspida Kaltim gubernur, Panglima, Ketua DPRD Kaltim, Wali Kota berkunjung ke pengungsian, salah satunya di Polres Tarakan.

Pantauan di lokasi, pagi ini kondisi tampak normal. Jalan-jalan dipenuhi oleh aktivitas warga dan sudah tidak terlihat konsentrasi massa. Sejumlah toko yang kemarin sempat tutup pun kini telah dibuka.

(lsi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini