Senioritas di Tempat Kerja? No Way!

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Minggu 03 Oktober 2010 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 02 370 378442 nHcqlIplUj.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Menyesuaikan diri di lingkungan kerja, terkadang sulit bagi karyawan baru. Apalagi jika budaya senioritas cukup kental di tempat kerja. Karyawan baru seringkali dianggap ancaman oleh para senior. Padahal, pendidikan dan posisi yang dimiliki karyawan baru sebenarnya setara dengan para senior tersebut, atau bahkan lebih tinggi.

Penulis buku 13 Jurus Jitu Sukses di Dunia Kerja, Windya Novita, memiliki delapan trik menghalau senioritas di kantor. Pertama, tulis Windya, sudah selayaknya karyawan baru menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya kerja. "Jika Kamu telah mengikuti aturan kerja dengan baik serta berhasil merajut komunikasi yang harmonis dengan rekan kerja, maka antara senior dan junior dapat diminimalisasi dengan cepat," tulis Windya dalam buku terbitan Daras Books tersebut.

Langkah kedua, bersikap rendah hati. Menurut Windya, jika bisa membawakan diri dengan baik, maka lingkungan akan cepat menerima kehadiran karyawan baru. Sikap rendah hati dan menghargai orang lain, lanjut Windya, menunjukkan pribadi yang tangguh.

"Sehebat apa pun Kamu, sikap rendah hati tetap diperlukan. Misalnya dengan mendelegasikan tugas yang bukan kompetensimu kepada rekan sekerja," imbuh Windya.

Wanita berkerudung ini menambahkan, bersikap rendah hati akan membuat para senior menghargai kehadiran pekerja baru sebagai seseorang yang tidak arogan.

"Trik ketiga adalah bersikap terbuka. Salah satunya dengan tidak ragu untuk bertanya kepada para senior jika Kamu menemui kesulitan," catat Windya.

Kiat keempat, anak baru juga perlu menghargai para senior. Tidak ada salahnya untuk menunjukkan ketertarikanmu mendengarkan pengalaman atau pendapat para senior di kantor. Mendengarkan pengalaman juga bisa menarik banyak pelajaran.

Selain itu, katanya, senior tersebut pun akan merasa dihargai dan cenderung untuk selalu membantumu di kantor.

Ada baiknya segala perdebatan dihindari di kantor. Langkah kelima ini dapat dilakukan dengan belajar menyampaikan pendapat secara santun dan tanpa kesan menggurui.

Para senior juga akan menghagai para junior yang mau belajar dari mereka. Trik keenam ini, menurut Windya, akan membuat para senior menghargai kehadiranmu. "Mendapat kritikan ketika melakukan kesalahan, tetapi tidak mendapat pujian ketika melakukan pekerjaan dengan baik adalah hal biasa bagi karyawan baru. Jangan terlalu menghiraukan hal tersebut. Yang terpenting adalah berusaha sungguh-sungguh dalam menampilkan performa yang optimal," paparnya dalam buku setebal 204 halaman tersebut.

Langkah ketujuh, "Kerahkan semua potensi dirimu dalam mengerjakan tugas. Jika Kamu melakukan yang terbaik, maka rekan kerja, atasan, maupun klien, akan menaruh rasa hormat dan percaya padamu."

Terakhir, sebaiknya bisa menghargai perbedaan. Perbedaan yang dimaksud jebolan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jakarta, tersebut adalah perbedaan yang sudah menjadi karakteristik seseorang, misalnya cara dan gaya kerja. Dengan menghargai berbagai perbedaan, wawasanmu akan dunia kerja akan bertambah luas.

"Di mana pun kamu bekerja, kamu akan menjumpai senioritas. Namun jangan takut menghadapinya. Sebab, ketakutan tersebut justru akan membunuh kariermu. Tunjukkan kerendahan hati dan berikan kontribusi sehingga Kamu bisa lebih dihargai," pungkas Windya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini