Share

JK Canangkan Unit Donor Darah Kampus

Senin 04 Oktober 2010 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 04 373 378887 4JKhtuKw8N.jpg Ilustrasi kegiatan donor darah (Foto: Rifa/okezone)

MAKASSAR – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jusuf Kalla (JK) akan meresmikan Unit Donor Darah (UDD) di Universitas Hasanuddin (Unhas), hari ini.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal mengatakan, UDD yang dicanangkan mantan Wakil Presiden RI ini, merupakan pertama kalinya diterapkan pada perguruan tinggi di Indonesia. “Diharapkan peresmian UDD ini bisa diikuti oleh kampus lainnya di seluruh Indonesia. Sebab, mahasiswa merupakan komunitas yang mampu menerima informasi tentang manfaat donor darah secara logis,” jelas Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal kepada Sindo, kemarin.

Follow Berita Okezone di Google News

Di samping itu, UDD Unhas nantinya bisa memberikan contoh kepada masyarakat, sekaligus menyampaikan arti strategis kegiatan donor darah, dan pentingnya membantu ke warga yang membutuhkan darah. Rencananya, operasional UDD Unhas ini akan didukung oleh Korps Sukarelawan (KSR) lainnya seperti, KRA AIDS yang siap melakukan klinik Voluntary Consulting and Test (VCT) sebagai salah satu pelayanan tambahan.

Selain itu, kegiatan UDD nantinya akan ditindaklanjuti dengan program sosialisasi di kampus-kampus bersama Persatuan Donor Darah Indonesia (PPDI) yang diketuai Rizal Tandiawan. Ical menambahkan, kehadiran UDD Unhas sekaligus diharapkan mampu membantu program PMI menyediakan stok empat juta kantong darah setiap tahunnya atau dua persen dari populasi penduduk sesuai standar World Health Organization (WHO).

“Ini juga menjadi komitmen PMI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan,” tambah mantan Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Makassar, meyakinkan.

Rencananya lokasi UDD sementara akan berada di Poliklinik Unhas yang terletak di sekitar Rumah Sakit Umum Pusat Wahidin Sudirohusodo. Meski demikian, pihak PMI dan Unhas menyatakan kesiapannya untuk menyediakan lokasi permanen. “Kehadiran UDD tentu kita harapkan mampu menutupi kebutuhan masyarakat Makassar dan sekitarnya, yakni sekira 120 kantong darah setiap harinya. UDD ini sekaligus menjadi basis program sosialisasi donor darah,”papar Ical.

Sementara itu Penanggung Jawab Peresmian UDD, Burhanuddin Nur berharap, kehadiran UDD di Unhas, ke depannya bisa diikuti para aktivis sukarelawan di kampus lainnya, baik di Makassar maupun di seluruh Indonesia. Alasannya, partisipasi mahasiswa dinilai sangat penting untuk mendukung program PMI dalam menyediakan stok darah.

Apalagi, lanjutnya, PMI Makassar sempat mengalami krisis stok darah beberapa hari, karena ketersediaan terbatas. “Kami akan terus menyosialisasikan gagasan ini biar bisa langsung ditindaklanjuti teman-teman mahasiswa untuk mendirikan UDD di kampusnya,” pungkas Burhanuddin. (Arif Saleh/sindo)

(rhs)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini