Diterjang Banjir Bandang, Listrik di Wasior Padam

Nurlina Umasugi, Okezone · Rabu 06 Oktober 2010 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 06 340 379713 xccD9Wh6AV.jpg US Geological Survey

JAYAPURA - Tiga mesin Pembangkit Listrik di Kabupaten Wasior, Papua Barat, dilaporkan rusak parah akibat diterjang banjir bandang, Senin (4/10/2010).

 

Humas PLN Cabang Jayapura, Dermawan Uloli mengatakan, rusaknya tiga mesin itu membuat PLN Jayapura tidak bisa mendistribusikan listrik ke wilayah tersebut. Akibatnya kawasan Kota Wasior saat ini gelap gulita bila malam hari.

 

"Saat ini, kami tidak bisa melayani pelanggan di Wasior karena rusaknya tiga mesin yang biasa dipakai untuk mendistribusikan listrik ke wilayah itu," kata Wawan via telepon, Rabu (6/10/2010).

 

Dia mengatakan, tiga mesin tersebut masing-masing berkekuatan 500 kilowatt, sedangkan untuk beban puncak di Kabupaten Wasior sebesar 800 kilowatt. Dengan total pelanggan mencapai 608 pelanggan.

 

Lebih lanjutdikatakan Wawan, saat ini langkah utama yang diambil pihak PT PLN Jayapura guna mengatasi masalah pemadaman di Kota Wasior itu adalah mengirimkan tim pendahulu ke lokasi bencana banjir bandang untuk mengecek kerusakan mesin.

"Tim kami berjumlah lima orang yang diberangkatkan ke sana" ujarnya.

 

Sementara itu, Melani warga Wasoir yang dihubungi okezone mengatakan, selain warga mengalami pemadaman listrik akibat rusak mesin pembangkit listrik, warga juga mengalami kesulitan air bersih. Namun pasokan air bersih sedang diupayakan pemda setempat untuk segera dipasok kepada warga korban banjir bandang.

 

Sebelumnya, Senin (4/10/2010) sekira pukul 07.00 WIT, Kota Wasior diterjang air bah setinggi tiga meter, ratusan rumah dan fasilitas umum lainnysa dilaporkan rusak parah serta ratusan warga dinyatakan tewas dan hilang.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini