Share

Agung Laksono Hadiri Seminar Internasional Batik UI

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Rabu 06 Oktober 2010 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 06 373 379769 3yBnFNiuG9.jpg Ilustrasi pameran batik (istimewa)

DEPOK – Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono membuka seminar internasional Dinamika Pengembangan Batik Indonesia dan Pameran Batik Ikon Budaya Bangsa di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI). Seminar tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2010.

Seminar hari tersebut mengangkat sub tema Batik Indonesia sebagai Salah Satu Unsur Ekonomi Kreatif dan Perspektif Masa Depan. Sementara, sub tema yang diangkat pada hari pertama adalah Batik Indonesia dan Kebudayan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Agung Laksono mengatakan, batik merupakan unsur budaya asli bangsa Indonesia dan telah diakui Unesco sebagai Representative List Intangible Cultural Heritage. Dia menambahkan, pemerintah juga akan mempertahankan dan meningkatkan hak paten batik sebagai budaya Indonesia.

“Bahkan ke depan bukan hanya batiknya saja yang dipatenkan, tetapi metode pembatikan juga,” ujar Agung dalam sambutannya, Rabu (6/10/2010).

Selain menyampaikan sambutan, Agung Laksono juga melihat–lihat koleksi batik yang ditampilkan dalam pameran batik. Kegiatan seminar dan pameran batik tersebut merupakan kerjasama FIB UI, Kementerian Perindustrian, Kemenbudpar, Kemendag, Kemendiknas, dan Yayasan Batik Indonesia.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan, seminar tersebut dapat mendorong batik Indonesia sebagai salah satu unsur ekonomi kreatif. Selain itu, kata Vishnu, FIB UI juga akan membangun pusat pengkajian dan pengembangan batik Indonesia.

“Selama ini kan Pusat pengembangan desain dan motif batik Indonesia di Balai Besar Kerajinan dan Batik baru ada di Yogyakarta,” tandas Vishnu.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini