Share

Aptisi Diminta Beri Rekomendasi untuk BAN PT

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 06 Oktober 2010 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 06 373 379836 hDQ0YvW2X8.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - September lalu, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) mengeluhkan proses akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Aptisi menilai, BAN PT tidak transparan dalam proses tersebut. Selain itu, mereka juga meragukan kredibilitas asesor BAN PT.

Keluhan tersebut pun mereka sampaikan kepada Menteri Pendidikan Nasional melalui Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal. Usai pertemuan tertutup, Ketua Aptisi Pusat Suharyadi menyampaikan, Kemendiknas meminta Aptisi untuk memberikan rekomendasi tentang bagaimana sebaiknya kualifikasi untuk para pengurus dan asesor BAN PT.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Termasuk juga pola rekrutmen mereka. Supaya nantinya bisa ditemukan formasi BAN PT yang lebih baik," papar Suharyadi kepada okezone, di kantor Wamendiknas, Selasa 5 Oktober, malam.

Rektor Universitas Mercu Buana ini menambahkan, Aptisi akan segera merumuskan kriteria para pengurus dan asesor BAN PT. Menurut Suharyadi, pemimpin dan asesor BAN memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan. Karena itu, posisi tersebut sebaiknya diisi oleh mereka yang benar-benar bijak dan memahami kondisi pendidikan tinggi, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

"Sehingga keputusan yang diambil benar-benar keputusan yang bijak. Bukan keputusan yang diambil menggunakan kaca mata kuda," imbuhnya. 

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Ketua Aptisi Pusat, Budi Sudjatmiko. Budi menyarankan, para pengurus BAN PT setidaknya memiliki pengalaman memimpin di kampus masing-masing, baik itu dalam level program studi, dekanat, maupun universitas sebagai rektor.

"Poin lainnya, sebaiknya ada juga perwakilan dari PTS sehingga dapat menyuarakan aspirasi PTS," tambah Budi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini