Share

Polisi Serbia Bentrok dengan Aktivis Anti Gay

Fajar Nugraha, Okezone · Senin 11 Oktober 2010 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 11 18 381263 57LaaImJtv.jpg Bentrok anti gay di Serbia (Foto: AP)

BEOGRAD - Lebih dari puluhan orang terluka saat bentrokan terjadi antara aktivis kalangan ultra kanan dengan kepolisian Serbia di Beograd. Aktivis ini mencoba mengganggu parade kaum gay yang tengah berlangsung di Beograd hari ini.

Ribuan polisi terpaksa menutup jalanan ibu kota, yang dijadikan lokasi parade tersebut. Polisi juga sempat beberapa kali terlibat bentrokan di beberapa lokasi, saat para aktivis tersebut berusaha mendobrak barikade pihak keamanan. Demikian diberitakan News.com.au, Senin (11/10/20100.

Para aktivis anti-gay ini meneriakan slogan seperti "kaum homoseks harus mati", selain juga melempar batu bata, botol kaca dan menyulut kembali ke arah polisi anti huru-hara Serbia. 

Bentrokan ini sendiri menyebabkan mobil dan kaca toko rusak berat. Setidaknya sebuah mobil patroli polisi turut disulut api oleh para pelaku kerusuhan.

Pihak medis menyatakan sekira 18 orang terluka akibat bentrokan, separuh di antaranya yakni anggota kepolisian. Namun polisi berhasil menangkap beberapa pelaku bentrokan dalam insiden ini.

Parade kaum gay ini menjadi ujian bagi Pemerintahan Serbia yang melancarkan reformasi ala pemerintahan barat. Pemerintah Serbia juga berjanji untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagai upaya mereka untuk masuk dalam keanggotaan Uni Eropa. 

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini