nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBY Teken Perpres Penggunaan Bahasa bagi Pejabat

Iman Rosidi, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2010 15:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 10 20 337 384523 4CnhidXCzp.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan Peraturan Presiden No 16 Tahun 2010 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia bagi pejabat negara.

"Perpres ini berlaku bagi pejabat negara, artinya dalam pidato-pidato kenegaraan wajib menggunakan bahasa Indonesia," kata Koordinator Intern Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional Yeyen Maryani di Jakarta, Rabu (20/10/2010).

Meski begitu, lanjutnya penerapan perpres tidak untuk keseharian dari pejabat negara tersebut. "Kan yang diatur itu bukan bahasa sehari-hari, yang diatur itu bahasa resmi, apalagi pidato kenegaraan baik presiden, wapres dan menteri-menteri, perpres ini juga berlaku bagi pejabat daerah. Setiap pejabat harus juga memberi contoh penggunaan bahasa yang baik," ujarnya.

Sedangkan untuk masyarakat, menurut Yeyen, Kementerian Pendidikan Nasional akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah tentang Pengembangan Pembinaan dan Perlindungan Bahasa. "Draftnya sudah selesai dikerjakan oleh tim dan sudah di Pak Menteri,"jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengaku belum mengetahui secara pasti kapan peraturan pemerintah untuk masyarakat itu akan dikeluarkan. Yang pasti, peraturan pemerintah ini dikeluarkan karena hingga kini masyarakat belum menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

"Penggunaan bahasa di masyarakat sudah sangat mengkhawatirkan, sebab penggunaan asing sudah banyak dilakukan. Lama-lama bukan lagi Indonesia kan,"tandasnya.

Sementara itu, dalam rangka pengutamaan Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional Kementerian Pendidikan Nasional akan menyelenggarakan puncak peringatan Bulan Bahas dan Sastra 2010. Pelaksanaan ini bertepataan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2010.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini