nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangan Digigit Anjing Rabies, Kakek Tewas

Rohmat, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2010 21:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 10 26 340 386720 borux7ApGk.jpg wordpress (ilustrasi)

DENPASAR - Belum sehari dirawat, usai tangannya digigit anjing terduga rabies, I Nengah Sabri (60), warga Banjar Intaran, Desa Pikat, Kabupaten Klungkung, Bali akhirnya tewas di Rumah Sakit Umum Sanglah Denpasar.

 

Nyawa korban gagal diselamatkan, karena kondisinya sudah parah sehingga menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin malam di Sal Nusa Indah. "Kondisi Pasien terduga rabies terlambat mendapat pertolongan sehingga akhirnya meninggal," kata Sekretaris Tim Penanggulangan Rabies RSUP Sanglah dr IGB Ken Wirasandhi, kepada wartawan Selasa (26/10/2010).

 

Wirasandhi mengatakan, pasien tiba sekitar pukul 14.00 Wita, dengan kondisi yang menunjukkan gejala klinis menderita penyakit rabies. "Dua bulan lalu pasien digigit anjing pada tangannya," kata Wirasandhi mengutip keterangan pihak keluarga korban.

 

Namun setelah digigit anjing piaraan itu, pasien tidak segera memeriksakan diri ke rumah sakit maupun memperoleh vaksin antirabies (VAR). "Setelah kami periksa ternyata pasien menunjukkan riwayat VAR-nya negatif," ujar dia.

 

Hal itu diperkuat dari gejala klinisnya pasien mengarah dugaan rabies. Selama dalam perawatan beberapa, air liur pasien keluar terus-menerus. Demikian pula gejala klinis lain yang dialaminya, seperti gelisah, takut air dan cahaya.

 

"Namun guna memastikan apakah pasien itu positif rabies atau tidak maka perlu uji laboratorium dari sampel darahnya," katanya menerangkan.

 

Dikatakan dia, sebelum dirujuk ke RSUP Sanglah, pasien sempat dirawat di RS Puri Raharja Denpasar hanya saja karena kondisinya terus mengkhawatirkan sehingga dilarukan ke RSUP Sanglah.

 

Sebelumnya dari penuturan anggota keluarganya, Sabri juga pernah dibawa ke RSUD Klungkung untuk mendapatkan VAR. Hanya saja, pihak rumah sakit tidak memberikan VAR dengan alasan tidak ditemukan luka bekas gigitan anjing.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini