Share

Kedubes AS Dituduh Mata-Mata

Fajar Nugraha, Okezone · Jum'at 05 November 2010 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 05 18 390248 xq8WLBC1Zh.jpg Ilustrasi: Ist

OSLO - Norwegia menuduh Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) yang berada di Oslo, telah melakukan tindakan mata-mata. 

Tuduhan ini dikeluarkan setelah adanya tayangan dokumenter yang menyebutkan pihak kedubes kerap melakukan pengawasan terhadap warga Norwegia beberapa dekade terakhir.

Menurut keterangan TV2 Norwegia, Kedubes AS di Oslo memperkerjakan sekira 15 hingga 20 orang termasuk seorang mantan pejabat kepolisian. Pejabat polisi ini ditugaskan untuk memonitor kegiatan warga sebagai maksud untuk mengawasi kemungkinan serangan terhadap kepentingan AS di Norwegia.

Menurut laporan itu, kegiatan pengawasan ini sudah berlangsung sejak 2000.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pihak Kementerian Luar Negeri Norwegia mengatakan, jika pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak Kedubes AS, guna mencari tahu masalah sebenarnya. Pihak kementerian meminta informasi apakah Pemerintah Norwegia sudah diberitahu mengenai kegiatan kedubes tersebut.

"Dari pertemuan itu dilakukan agar pemerintah mendapatkan informasi dan fakta lengkap mengenai laporan (mata-mata) dari Kedubes AS," ungkap Menteri Luar Negeri Norwegia Merte Lerberg Kopstad seperti dikutip AFP, Jumat (5/11/2010).

Sementara juru bicara Kementerian Luar Negeri AS P.J Crowley mengatakan, jika Pemerintah Norwegia sudah diberitahu mengenai kegiatan pengawasan ini. Namun dia mengakui jika kalangan media mungkin tidak mengetahui mengenai hal ini.

Tetapi pihak Pemerintah Norwegia membantah pernyataan dari Crowley dan bersikeras jika pihaknya tidak tahu-menahu mengenai kegiatan mata-mata Kedubes AS.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini