Share

30 Perguruan Tinggi Ramaikan Galelobot 2010

Jum'at 05 November 2010 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 05 373 390162 ImBhgBjBgW.jpg Image: corbis.com

BANDUNG - Ganesa Line Follower Robot (Galelobot) 2010 yang diselenggarakan dalam rangka 60 tahun Fakultas Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis 4 November kemarin, berlangsung meriah.

Partisipan ajang ini berasal 30 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia, total ada 150 tim menunjukkan kemampuannya. Tim yang unggul dan berhasil mencatat waktu tercepat yaitu tim Mas True Kangbus Tumbuh dari Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta (UPNY). Robot yang berbentuk mobil-mobilan dengan ukuran 22x22x22 cm ini berhasil menyelesaikan race berupa trek garis dengan beberapa rintangan seperti rintangan tangga, packman, vertikal, putus-putus, gerigi, dan inverse.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Robot tersebut meraih catatan waktu, 1 menit 0,1 detik, dari 3 menit waktu yang disediakan oleh panitia. Perwakilan Tim Mas True Kangbus Tumbuh UPNY Trubus Nugraha mengaku senang karena robotnya berhasil memimpin nilai. Robot tersebut selesai dirakit dalam waktu seminggu.

โ€Dulu tim kami hanya bisa masuk 16 besar, sekarang saya senang sesi pertama ini robot saya menempuh waktu tercepat,โ€ ujar Trubus di aula barat Kampus ITB kemarin.

Menurut Ketua Galelobot 2010, Toshi, pada Galelobot keempat kalinya ini, penilaian lomba mencakup kecepatan dan jarak tempuh. โ€Untuk nilai tertinggi diberikan pada peserta yang berhasil finish dengan waktu tercepat. Kalaupun tidak finish, jaraknya diukur,โ€ katanya. (masita ulfah/krisiandi sacawisastra/sindo)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini