Share

Ikastat UGM Bentuk Masyarakat Melek Statistika

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 05 November 2010 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 05 373 390276 qLVuyXOg0l.jpg Image: corbis.com
JAKARTA - Alumni program studi (prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyadari pentingnya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembentukan masyarakat Indonesia yang “melek” Statistika (Statistics-literate society). Mereka pun membentuk organisasi alumni yang diberi nama Ikatan Alumni Statistika (Ikastat) UGM.

"Ikastat UGM merupakan wadah pemersatu bagi alumni yang saat ini telah berkarya di berbagai bidang dan tersebar di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Kami berharap dapat memberi kontribusi positif, efektif, dan terarah dalam hal pemanfaatan Ilmu Statistika, serta memberikan tanggapan maupun masukan terhadap berbagai penggunaan atau bahkan penyalahgunaan Ilmu Statistika di Indonesia," demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis Ikastat UGM, Jumat (5/11/2010).

Tekad Ikastat UGM membentuk masyarakat melek statistika tersebut, relevan dengan fenomena konvergensi informasi di dunia. Masyarakat kini akrab dengan paparan berbagai macam informasi seperti hasil perhitungan cepat (quick count) pemilu, data tingkat kemiskinan atau pengangguran, angka inflasi, statistik kebencanaan, dan lain-lain yang disampaikan tidak hanya oleh pemerintah tetapi juga oleh berbagai lembaga riset dan media massa.

Ikastat UGM menilai, kekurangtepatan penyajian, penginterpretasian, pemahaman, atau pemanfaatan hasil analisis dapat berdampak luas bagi kehidupan masyarakat. Menurut mereka, di sinilah pentingnya memberikan edukasi dan informasi yang benar kepada masyarakat tentang bagaimana sebaiknya menyikapi berbagai hasil analisis Statistika.

Munas pertama Ikastat UGM diselenggarakan akhir Oktober lalu di kampus FMIPA UGM, Yogyakarta. Munas tersebut mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan menetapkan alumni angkatan 1991, Andri Budiwidodo, S.Si., sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat beserta beberapa kelengkapan utama kepengurusan lainnya untuk masa bakti 2010-2013. Ketua Program Studi Statistika FMIPA UGM, Dr.rer.nat. Dedi Rosadi, MSc. juga turut hadir dalam munas tersebut.

Sebelum terbentuknya Ikastat UGM, para alumni tersebut telah aktif memberikan masukan, baik diminta maupun tidak, kepada pihak prodi Statistika FMIPA UGM maupun Himasta FMIPA UGM dalam kaitannya dengan pengembangan kurikulum, penelitian terapan, link and match antara perguruan tinggi dengan instansi/perusahaan, informasi mengenai karier dan lowongan kerja, atau sekedar sharing mengenai implementasi Statistika di dunia nyata. Kegiatan tersebut dilakukan dalam berbagai saluran seperti forum mailinglist (milis), pelatihan, kuliah umum, maupun seminar nasional yang menjadi agenda rutin dua tahunan Himasta FMIPA UGM.

Beberapa dosen lain serta para alumnus dari berbagai angkatan yang saat ini telah bekerja di berbagai bidang sebagai perwujudan kerjasama yang telah terjalin secara harmonis antara pihak alumni dengan pihak perguruan tinggi.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini