Image

Obama Dianugerahi Medali Ikon Pluralisme

K. Yudha Wirakusuma, Jurnalis · Senin, 8 November 2010 - 20:37 WIB
Obama (Foto: Ist) Obama (Foto: Ist)

JAKARTA - Sehari sebelum kedatangannya ke Indonesia, Presiden AS Barack H Obama menerima mendali ikon pluralisme.

Mendali tersebut diberikan oleh Gerakan Peduli Plurarisme (GPP) karena Obama dianggap memberikan keputusan yang mencerminkan pluralisme.

“Pertama yaitu bantuan Presiden Barack Obama dalam menghentikan rencana Hari Pembakaran Alquran Sedunia. Yang kedua yaitu atas statement Presiden Barack Obama yang mendukung pembangunan masjid Ground Zero, karena itu berkaitan dengan beragama," ucap Koordinator Nasional Gerakan Peduli Pluralisme (GPP) Damien Dematra di Balai Sarbini, Jakarta Pusat, Senin (8/11/2010).

Kedua keputusan tersebut, lanjutnya, menunjukkan bahwa Presiden Barack Obama adalah seorang pluralis sejati dan tidak hanya mengutamakan popularitas namun ada yang dianggap the right to do.

"Untuk itu GPP didukung oleh seluruh pemimpin agama resmi di Indonesia memberikan penghargaan sebagai ikon Pluralisme untuk usaha yang luar biasa yang dilakukan beliau," katanya.

Acara penghargaan ini juga diisi dengan penyerahan mendali emas yang diberikan kepada perwakilan keluarga Obama di Indonesia. “Kami juga menyerahkan persembahan lagu khusus untuk Obama oleh Gus Nurill dan Dorce Gamalama," tandasnya.   

(ful)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming