nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netanyahu: Arab Dukung Israel

Baskoro Pramadani, Jurnalis · Selasa 30 November 2010 12:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 11 30 18 398529 7LDneoa4IO.jpg Foto: Ilustrasi PM Israel Benjamin Netanyahu. (Reuters)

JERUSALEM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dokumen-dokumen rahasia yang dirilis WikiLeaks membuktikan dunia Arab juga mendukung pandangan Israel. Negara ini memandang Iran sebagai bahaya laten bagi kawasan Timur Tengah.

Salah satu bocoran kabel memang mengungkapkan permintaan Raja Arab Saudi agar Amerika Serikat (AS) menyerang fasilitas nuklir Iran.

Dalam dokumen rahasia rilisan WikiLeaks itu, Raja Abdullah secara berulang kali menyerukan AS agar menyerang Iran. Tujuannya tentu saja untuk menghancurkan program nuklir Iran dan untuk mencegah Teheran mengembangkan senjata pemusnah massal.

"Pernyataan Raja Abdullah hanya satu dari sekian banyak suara di jazirah Arab yang meminta tindakan tegas terhadap Iran. Ini adalah bukti Israel tidak sendirian dalam memandang Iran sebagai ancaman laten di kawasan (Timur Tengah)," ujar Netanyahu.

"Ancaman terbesar terhadap perdamaian dunia berasal dari tindakan membiarkan Iran mempersenjatai dirinya," lanjut Netanyahu.

"Saat ini sudah semakin banyak pemerintah dan para pemimpin di Timur Tengah serta di kawasan lainnya di dunia yang mulai memahami masalah ini (Iran) adalah ancaman yang fundamental," tandasnya seperti dilansir The Hindu, Selasa (30/11/2010).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini