nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternak Belum Diganti, Mana Janji Pemerintah?

Heru Trijoko, Jurnalis · Senin 06 Desember 2010 13:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 12 06 340 400582 rjoBvLgosQ.jpg kampoengternak.or.id (ilustrasi)

YOGYAKARTA – Janji hanya tinggal janji. Itulah mungkin yang dirasakan para korban Gunung Merapi di Yogyakarta. Mereka pun turun ke jalan untuk menagih janji yang pernah diucapkan pemerintah.

 

Ratusan orang yang mengatasnamakan Forum Rakyat Korban Merapi (Forkom) ini mendatangi Kantor Gubernur DI Yogyakarta. Mereka menuntut penggantian uang binatang ternak yang tewas akibat erupsi Merapi beberapa waktu lalu.

 

“Sampai saat ini mereka (pemerintah) membayar ganti rugi. Padahal sebelumnya mereka berjanji akan ganti,” ujar seorang demonstran dalam orasinya, Senin (6/12/2010).

 

Beberapa selang kemudian, akhirnya perwakilan demonstran dapat bertemu dengan Sekretaris Daerah Provinsi DIY, Triharjin. Menurut Triharjin, dana untuk mengganti ternak yang tewas akibat Merapi sudah tersedia namun belum bisa dicairkan.

 

“Kami hanya akan mengganti dengan binatang ternak kembali sesuai dengan usia ternak yang tewas. Kalau minta ganti rugi berupa uang kami belum bisa pastikan,” kata Triharjin.

 

Selain menuntut ganti rugi uang ternak, para demontran juga menuntut agar pembangunan hunian sementara segera diselesaikan. Bahkan, warga menuntut agar tempat hunian sementara tersebut memiliki sarana ternak, mengingat rumput sudah langka akibat erupsi Merapi.

 

Tuntutan tadi langsung ditanggapi serius oleh pemerintah. Bahkan, pemerintah berniat akan membebaskan korban Merapi dari utang piutang kepada negara seperti biaya pembayaran listrik, air, dan pajak.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini