nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah...Jerapah di Ragunan Tersisa 1 Ekor

Susi Fatimah, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2010 15:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 12 07 338 400925 yd2jAiLHnF.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kelangkaan satwa khususnya Jerapah terjadi di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan. Hal ini disebabkan banyak pengunjung yang memberi makan sembarangan kepada jerapah-jerapah tersebut.

Yaspi Hakim Nasution, penjaga hewan khusus jerapah, rusa dan zebra di Taman Margasatwa Ragunan mengatakan, jerapah di Taman Margasatwa Ragunan kini tersisa satu ekor. Hal ini dikarenakan faktor usia jerapah yang sudah tua dan banyaknya pengunjung yang memberi makan tidak sesuai.

“Banyak yang mati karena sudah tua dan banyak dikasih makan oleh pengunjung yang tidak sesuai, seperti pernah lemper yang masih disteples juga dikasih. Setiap habis banyak pengunjung kasih makan, jerapah suka diare sorenya, sekarang tinggal satu saja,” ujar Yaspi kepada okezone di ruang kerjanya, Selasa (7/12/2010).

Yaspi menambahkan, dahulu sebelum ada pagar pembatas antara Jerapah dengan pengunjung, keduanya bisa berinteraksi langsung, dalam hal ini pengunjung bisa memberi makan secara langsung. Ini yang menyebabkan tak terkontrolnya makanan yang diberikan pada kepada jerapah.

Untuk mengantisipasi banyaknya jerapah yang mati, sudah dari satu tahun yang lalu pihak Taman Margasatwa Ragunan mencanangkan program beri makan jerapah bagi pengunjung. Menurut Yaspi, program ini sebagai solusi agar tidak semakin banyak lagi jerapah yang punah akibat diberi makan tidak sesuai oleh pengunjung.

Harga tiket untuk memberi makan jerapah secara langsung ini Rp5.000, untuk satu keluarga dan petugas memberi satu ikat kacang panjang.

Untuk menambah koleksi jerapah, pihak Taman Margasatwa Ragunan berusaha untuk melakukan sistem barter dengan Kebun Binatang Sydney Australia.

“Rencana akan dibarter dengan sepasang Harimau Sumatera. Kami kemarin sudah ke sana, tapi sampai hari ini belum ada realisasinya,” ujar Yaspi.

(lsi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini