Bantuan untuk Korban Tsunami Menuai Masalah

Rus Akbar, Okezone · Minggu 02 Januari 2011 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 02 340 409575 Kv6ota1YZH.jpg Pascatsunami di Mentawai (Foto: reuters)

BERIULOU - Bantuan untuk korban tsunami Mentawai di Desa Beriulou, Kecamatan Sipora Selatan, Mentawai, Sumatera Barat ternyata menuai masalah. Pasalnya, dusun tersebut tidak masuk kategori rumah rusak berat tapi rusak ringan.

Dari data yang diterima okezone, dari Dinas Sosial Mentawai, Desa Beriulou mendapatkan bantuan Rp1 juta untuk setiap kepala keluarga dengan total 119 KK.

 

“Itu data yang kami terima dari kepala Desa Beriulou,” ujar Kasubang Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Abu Sofyan, Minggu (2/1/2011).

 

Dengan data itu maka bupati mengeluarkan surat keputusan Nomor 1888.45. 2888 Tahun 2010. “Dengan surat keputusan inilah kita membagikan bantuan yang bersumber dari APBD Mentawai tahun 2010, dan masing-masing kepala keluarga yang mengalami rusak berat mendapat bantuan Rp1 juta,” ujarnya.

 

Sementara Kepala Desa Beriulou, Apol Tatubeket, juga mengaku heran. Sebab Dusun Matalu seharusnya tak mendapatkan bantuan Rp1 juta itu. Dengan mendapatkan bantuan itu, membuat warga Dusun Matalu lainnya yang tak mendapat bantuan protes pada Kepala Desa.

 

“Kita sudah memberikan data itu pada Dinas Sosial sesuai data yang diserahkan kepala dusun, tapi setelah uang itu cair malah muncul data penerima di dusun Matalu. Padahal bantuan ini untuk korban yang mengalami rumahnya rusak berat, sedangkan di Dusun Matalu rumah yang mengalami rusak berat tak ada, umumnya rusak ringan,” terangnya.

 

Dia juga menunjukkan arsip yang diserahkan kepada Dinas Sosial. Dalam waktu dekat ini, dirinya berjanji akan mempertanyakan pada Dinas Sosial Mentawai tentang ketidakakuratan data yang mereka miliki.

 

Hingga saat ini masalah penerima bantuan itu belum menemukan titik temu. Warga Matalu masih mempertanyakan bantuan tersebut. Sementara bantuan untuk rumah rusak berat itu telah di serahkan pada 22 Desember lalu di Beriulou.

 

Untuk pembagian uang itu langsung diberikan kepada masyarakat yang menerima. Uang diberi dalam amplop putih yang berisi pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Bantuan tersebut diserahkan jumlah seluruhnya sebanyak Rp278 juta yang dibagikan

untuk dua desa, Desa Beriulou 119 kepala keluarga, dan Desa Bosua 59 kepala keluarga.

(lsi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini